Home Mens Cara Menentukan Ukuran Sepatu yang Mudah untuk Diaplikasikan!

Cara Menentukan Ukuran Sepatu yang Mudah untuk Diaplikasikan!

by Erin Nuzulia
ukuran sepatu

Banyaknya sepatu dan ukuran sepatu yang di jual secara online dapat memudahkan kita untuk membeli sepatu. Selain itu juga memberikan kita lebih banyak pilihan dan tentunya lebih murah. Namun kendala terbesar saat membeli sepatu online adalah menentukan ukuran sepatu.

Memang banyak toko sepatu online yang sudah memberikan arahan untuk menentukan ukuran sepatu, bahkan ada beberapa yang berani memberikan gratis ongkir untuk penukaran jika tidak pas, tetapi itu semua belum cukup. Nah, bagaimana sih supaya kamu tidak salah ukuran saat beli sepatu online? Simak ulasannya di sini!

ukuran sepatu

Cara menentukan ukuran sepatu biar nyaman bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Pertama, kamu harus buat cetakan kaki. Caranya dengan menaruh kakimu di atas kertas A4 lalu gambar pola mengikuti bentuk kaki, gunakan kaos kaki supaya lebih presisi dan nyaman. Kedua, ukur panjang pola dari ujung jari kaki paling panjang sampai tumit. Ketiga, ukur dari ujung kanan sampai kiri yang paling lebar untuk menentukan lebar kaki.

Sudah deh dapet panjang dan lebar kaki. Jadi lebih pede beli sepatu online. Tetapi selain ukuran sepatu, kamu juga suka dibikin pusing sama convertion dari centimeter ke negara lain, bukan? Hal ini karena biasanya yang ada di negara kita itu satuan perhitungan dari US, UK, dan Europe. Biasanya, kedua perhitungan ini mempunyai hasil panjang kaki yang setara. Tetapi bisa berbeda juga, tergantung mereknya. Berikut standar panjang ukuran sepatu orang Indonesia dengan standart conversi Europe.

ukuran sepatu 01

Size 35 = 22cm – 22,5cm

Size 36 = 22,5cm – 23cm

Size 37 = 23cm – 23,5cm

Size 38 = 23,5cm – 24cm

Size 39 = 24cm – 24,5cm

Size 40 = 24,5cm – 25cm

Size 41 = 25,5cm – 26cm

Size 42 = 26cm – 26,5cm

Size 43 = 26,5cm – 27cm

Agar mendapatkan sepatu yang nyaman walaupun beli secara online, cara menentukan ukuran sepatu, kamu juga harus mengetahui bagian-bagian yang penting untuk kamu ketahui agar lebih nyaman saat dipakai.

Bagian yang pertama adalah Insole. Ini adalah sebuah lapisan bahan yang berada di antara sol dan telapak kaki yang biasanya menyatu dengan sepatu. Bentuk insole akan selalu mengikuti lekuk telapak kaki. Bagian kedua adalah Midsole. Bagian Midsole ada di samping persis di atas outsole melingkar menyeluruh pada sepatu.

Bagian yang ketiga adalah Outsole. Bagian ini adalah sol yang berada pada bagian bawah sepatu yang menapak ke tanah. Outsole biasanya terbuat dari kulit sintetis, karet, plastik, dan kayu. Fungsinya adalah menopang berat badan pemakai dan selalu bersentuhan dengan berbagai media yang kita pijak.

Keempat adalah Vamp/upper. Bagian ini secara umum merupakan bagian atas sepatu/penutup. Bagian yang kelima merupakan Welt, yang merupakan bagian dari sepatu yang menjadi penghubung upper dengan sol. Bagian keenam adalah Lining. Bagian ini bisa berfungsi untuk membantu sepatu memiliki umur yang panjang dan meningkatkan kenyamanan pengguna.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai cara menentukan ukuran sepatu supaya nyaman untuk digunakan. Selain itu kamu juga tetap harus memperhatikan kualitas sepatunya ya. Lihat juga toko online atau pelapak yang menjual sepatu yang ingin kamu beli secara online. Sebaiknya pilih yang sudah mempunyai reputasi baik ataupun yang bisa memberikan garansi. Jika kamu mau tahu info tentang sepatu lebih banyak, kamu bisa klik di sini!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More