Hijaber

Tips Pakai Jilbab untuk Pemula

fashionities.com- model hijab

Memakai jilbab merupakan anjuran bagi perempuan muslimah. Muslimah harus menutup auratnya dengan benar demi menyempurnakan sebagian dari imannya.  Demi menyempurnakan imannya, banyak muslimah yang semula tidak berhijab memilih berhijrah dengan mengenakan jilbab. Namun, banyak para hijabers pemula yang merasa bahwa berjilbab di awal-awal sangatlah berat. Selain karena memakai jilbab dirasa sumuk dan membuat kulit kepala mudah lembab, banyak hijabers pemula yang beranggapan bahwa tampil fashinable dan menarik dengan mengenakan jilbab tidaklah mudah. Tulisan ini akan membahas tips pakai jilbab untuk pemula, yang mempertimbangkan kenyamanan dan perkembangan fashion.

Untuk kamu yang baru belajar memakai jilbab dan merasakan bahwa kulit kepala gampang berkeringat dan lebih mudah sumuk setelah memakai jilbab, pilihlah jilbab dengan bahan yang tepat dan dingin, misalnya jilbab berbahan katun. Kain katun dikenal sangat cepat dalam menyerap keringat, sehingga rambut kita yang basah atau kulit kepala yang mudah lembab akan sangat terbantu jika memakai jilbab katun. Selain pemilihan bahan, pastikan rambut kita cukup kering ketika mengenakan jilbab, karena mengenakan jilbab dalam keadaan rambut yang masih basah tentu akan sangat mengganggu.

Memilih bahan jilbab juga mesti disesuaikan dengan kondisi. Untuk bersantai, gunakanlah jilbab dengan bahan kaos atau katun, sebab dua bahan ini relatif lebih sejuk ketika dikenakan. Jilbab dengan bahan sifon atau jilbab paris juga bisa dikenakan ketika sedang bersantai terutama di lingkungan rumah, sebab bahan ini terkenal sangat ringan. Untuk acara-acara resmi, pilihlah kain jilbab yang tidak mudah pengap, seperti misalnya dari bahan viscose atau satin.

Baca juga:  Ragam Jilbab Modern Pashmina Aneka Motif dan Warna

Selain bahan, hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih jilbab adalah memilih bahan atau kain jilbab yang tidak transparan. Tujuan utama memakai jilbab adalah untuk menutup aurat, jika kita berjilbab dengan mengenakan jilbab yang transparan, maka hampir tidak ada bedanya dengan perempuan yang tidak memakai jilbab. Pastikan bahan jilbab yang kita kenakan dapat menutup aurat dengan benar. Selain itu, pilihlah model jilbab yang sesuai dengan bentuk wajah kita.

Tips pakai jilbab lainnya adalah jangan lupa untuk selalu memakai dalaman jilbab. Dalaman jilbab berfungsi sebagai pengikat rambut agar tidak gampang keluar terutama di bagian kening. Dalaman jilbab akan membuat hijab yang kita kenakan lebih mudah ditata di bagian atasnya, dan tentu akan menutup rambut kita dengan sangat baik. Pilihlah dalaman jilbab yang memiliki pori-pori yang lebar, atau bahan berenda agar pori-pori kepala kita tetap bisa bernafas dengan baik.

Kenyamanan dan kepantasan merupakan faktor yang harus diutamakan dalam memakai jilbab. Mengenakan jilbab dengan berbagai model boleh saja, dengan catatan model atau gaya memakai jilbab yang kita pilih tetap menutupi aurat kita dengan baik. Itulah beberapa tips pakai jilbab untuk pemula. Memakai jilbab akan terasa menyenangkan dan nyaman jika kita memilih bahan yang tepat dan dipadukan dengan model dan gaya yang sesuai dengan bentuk wajah kita.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *