Tips Merawat Tas Ransel Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Tas merupakan teman perjalanan yang membantu kita membawa perlengkapan atau barang-barang. Salah satu model tas yang popular sepanjang masa adalah tas ransel. Tas ini menjadi favorit banyak orang, terutama bagi mereka yang sering berpergian atau untuk kegiatan di luar ruangan.

Selain menggunakannya, penting juga untuk merawat dan membersihkan tas dengan benar dan teratur. Hal ini diperlukan agar tas tetap awet dan tahan lama seperti waktu baru dibeli. Berikut ini kami akan memberikan informasi berupa tips merawat tas ransel.

Baca juga:  Tips Memilih Tas Kulit Pria Yang Awet

Menata Barang Dengan Benar

Jangan karena mampu menampung barang yang banyak akhirnya seenaknya memasukkan semua barang di dalam ransel. Jangan sampai tas membawa barang melebihi kapasitasnya karena hal ini bisa membuat tas cepat rusak.

Agar tidak mudah rusak, tatalah barang yang akan dibawa dengan rapi. Hal ini dapat mencegah tas jebol.

Perhatikan Beban Barang Yang Dibawa

Bisa menampung banyak barang bawaan bukan berarti tas dapat menampung beban tanpa batas. Sebuah tas memiliki batasan tertentu untuk membawa beban, Saat membeli tas biasanya ada ketetangan yang disarankan oleh produsen menyangkut kemampuan tas menampung barang. Jika dilanggar bisa membuat tas cepat jebol.

Keluarkan Barang Setiap Selesai Pakai

Banyak orang yang menggunakan ransel sebagai tempat menyimpan semua barang, bahkan hal ini dilakukan walaupun tidak sedang menggunakan tas (saat tas selesai digunakan) hal ini tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan tas rusak.

Mengeluarkan barang di dalam tas setiap habis pakai lalu membersihkannya merupakan bagian dari perawatan yang paling mudah agar tas tetap dalam kondisi tetap terjaga dan awet.

Simpan Di Tempat Yang Sejuk Dan Kering

Kondisi tas tergantung juga dimana tempat penyimpanan. Hindari menyimpan tas ditempat yang lembab karena memicu timbulnya jamur. Tempat yang tepat adalah yang kering agar aman dari serangan jamur dan serangga. Gantungkan di lemari atau jika tidak bisa dimasukkan ke dalam plastik sebelum disimpan.

Bakar Ujung Strap

Beberapa model tas ransel memiliki strap dari bahan nilon. Biasanya bagian ini sering muncul benang yang tercerai. Hindari menarik benang tersebut, cara yang paling tepat adalah dengan dibakar bagian ujungnya menggunakan api kecil agar kembali rapat dan menyatu.

Mencuci Dan Mengeringkan Tas

Mencuci merupakan poin pening yang harus dilakukan agar tas tetap terawat, awet dan bersih. Ada hal yang harus diperhatikan saat mencuci tas yaitu gunakan sabun tanpa detergen. Jika tidak menggunakan sabun, bisa denganc ara merendam tas di air hangat agar bersih. Lalu hindari menyikat tas, jika ada noda cukup dikucek atau dilap menggunakan kain halus dan bersih.

Setelah mencuci, keringkan tas ransel. Jangan menjemur tas di bawah sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan warna tas cepat memudar.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *