Aksesories

Tips Merawat Sepatu Berbahan Kulit

fashionities.com-merawat sepatu

Penampilan merupakan salah satu hal yang selalu diperhatikan oleh setiap orang. Bahkan, tak sedikit orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki penampilannya sehingga bisa tampil menawan, salah satunya adalah dengan membeli sepatu kulit. Seperti diketahui, merawat sepatu bukanlah hal yang mudah, akan tetapi jika telaten, tentunya bukanlah hal yang sulit. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan sepatu kulit yang bisa dilakukan di rumah:

  1. Kenali Jenis Kulit Sepatu

Jika ingin merawat suatu barang, maka hal pertama yang harus diketahui adalah seluk-beluk barang tersebut. Begitu juga ketika memiliki sepatu kulit, maka hal pertama yang harus diketahui dan dipahami adalah jenis kulit yang digunakan untuk membuat sepatu tersebut. Selain mengenali sifat kulit tersebut, kenali juga tingkat kekuatan dan kelembabannya, karena hal ini juga berpengaruh terhadap cara perawatan sepatu tersebut.

  1. Penataan dan Penyimpanan Sepatu

Hal lain yang harus diperhatikan adalah cara penataan dan penyimpanan sepatu. Apabila sepatu disimpan di rak sepatu, maka berikan jarak yang cukup dengan sepatu lainnya agar tidak terjadi gesekan. Kulit sepatu sangat sensitif, sehingga apabila terjadi sedikit gesekan bisa menimbulkan lecet pada sepatu kulit. Oleh karena itu, lebih aman menata serta menyimpan sepatu kulit dalam kotak khusus, namun dalam kotak tersebut harus ditambah dengan silica gel. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban serta menghindarkan sepatu dari jamur dan bau yang tak sedap.

Baca juga:  Peluang Bisnis Mencuci Sepatu Beromzet Puluhan Juta

  1. Pahami Cara Mencuci Sepatu

Untuk merawat sepatu dan mencuci sepatu kulit tidak bisa sembarangan seperti halnya mencuci sepatu pada umumnya. Gunakan sikat khusus untuk membersihkan sepatu agar tidak menimbulkan goresan serta lecet pada permukaan sepatu yang bisa merusak tampilan sepatu kulit. Pengeringan sepatu pun harus dilakukan dengan kain yang lembut. Penjemuran sepatu jangan dilakukan di bawah sinar matahari secara langsung karena hal tersebut bisa menimbulkan pecah-pecah pada kulit. Apabila ingin menggunakan dryer atau mesin pengering, maka sepatu harus dilapisi terlebih dahulu dengan koran bekas agar panas dari dryer tidak menyentuh sepatu secara langsung. Jika sepatu kulit terkena lumpur, jangan langsung membersihkannya, akan tetapi tunggu lumpur kering terlebih dahulu, baru kemudian dibersihkan dengan kain yang lembut.

  1. Semir Sepatu

Agar terlihat selalu cemerlang, poles sepatu menggunakan semir yang warnanya senada dengan kulit sepatu tersebut. Pilih semir sepatu yang berkualitas agar tidak merusak kulit sepatu. Selain itu, ketika proses menyemir, arahkan alur semir searah dengan alur kulit sepatu agar terlihat alami. Untuk menghindarkan sepatu dari keretakan pada lapisan kulit, gunakan pelapis kulit sepatu yang kini banyak dijual di pasaran.

Itulah beberapa tips untuk merawat sepatu berbahan kulit yang bisa diaplikasikan di rumah agar sepatu kulit tetap terawat layaknya sepatu baru.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *