Tips Merawat Baju Batik Sebagai Salah Satu Warisan Budaya

Sebagai salah satu warisan budaya, baju batik kini telah berkembang menjadi trend fashion di berbagai kalangan masyarakat, baik di instansi pemerintah, sekolah, swasta, dan sebagainya. Bahkan baju batik Indonesia kini sudah banyak di kenal oleh masyarakat dunia. Hal ini menunjukkan bahwa kebudayaan indonesia telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional, tentu akan sangat membanggakan bagi kita orang Indonesia.

Tips Merawat Baju Batik Sebagai Salah Satu Warisan Budaya

Adapun mengenai sejarah awal mula perkembangan baju batik ini tidak banyak diketahui secara pasti. Namun di perkirakan batik mulai di kenal pada abad ke-10 sampai 12 Masehi dan mulai dikenal luas bersamaan dengan ekspansi kerajaan majapahit pada abad ke 17 Masehi. Pada masa kerajaan majapahit tersebut baju batik merupakan baju kebesaran kerajaan.

Nah, jika kita melihat dari sepenggal sejarah tersebut, sudah sepatutnya kita berbangga sebab budaya yang sudah sejak lama ada kini masih tetap lestari dan semakin berkembang pesat. Adapun kita sebagai generasi penerus berkewajiban untuk tetap menjaga budaya tersebut agar tetap lestari. Sama halnya ketika anda memiliki baju batik, maka ada beberapa tips yang bisa anda pakai agar baju anda tetap awet. Nah, berikut caranya,

BACA JUGA: BATIK MODEL TERBARU DAN HARGA YANG MURAH

Hindari penggunaan deterjen

Tips yang pertama untuk menjaga agar baju batik anda tetap awet yakni ketika anda mencuci jangan sekali-kali menggunakan deterjen sabun. Sebab deterjen dari sabun cuci memiliki kandungan yang kuat yang mampu melunturkan warna pakaian. Nah, sebagai solusi untuk mencuci baju batik anda bisa menggunakan lerak yang biasanya dikemas dalam cairan siap pakai. Atau kalau anda memiliki buah lerak anda bisa merendam nya di air hangat kemudian anda gunakan untuk mencuci pakaian baju batik anda.

Hindari menjemur baju batik dibawah sinar matahari langsung

Kebanyakan orang ketika menjemur pakaian pasti akan memilih tempat yang paling cerah atau terbuka untuk menjemur pakaian agar cepat kering. Namun jangan salah sangka, hal tersebut justru akan membuat warna dari baju akan cepat mudah memudar, apalagi warna pada baju batik yang anda jemur di bawah terik matahari langsung niscaya warna nya akan cepat memudar.

Ada baiknya anda menjemur baju batik anda pada tempat yang teduh dengan cukup diangin-anginkan saja, agar warna batik tetap awet. Selain itu hindari memeras baju batik dengan keras, sebab hal tersebut bisa merusak motif pada baju batik anda. sebaiknya tarik kedua ujung-ujung dari baju batik tersebut untuk mengembalikan tekstur atau motif yang terlipat.

Hindari penggunaan kapur barus

Ketika menyimpan baju batik di lemari salah satu kekhawatirannya adalah diserang hewan renget. Terkadang untuk mengatasi hewan tersebut, di pojokan almari di beri kapur barus. Nah hal tersebut sebenarnya kurang pas jika digunakan untuk mengamankan baju batik. Sebab kapur barus tersebut dapat merusak warna dari baju batik anda. Salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah dengan memberi merica yang dibungkus plastik kecil dan di taruh pada pojokan lemari. Hal tersebut dapat menjadi salah satu cara penyimpanan baju batik agar terhindar dari serangan hewan renget.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *