Tips Memilih Celana Cingkrang yang Modis namun Sesuai Syariat Islam

Celana cingkrang sebenarnya identik dengan panjang celana yang disyariatkan dalam agama Islam bagi kaum pria. Berbeda dari celana cingkrang yang banyak beredar di industri fashion, celana cingkrang yang sesuai syariat sedikit lebih berbeda. Meskipun sama-sama memiliki cutting di atas mata kaki, celana cingkrang yang selama ini populer adalah model celana yang bentuknya lebih ketat seperti pencil skirt. Sedangkan celana cingkrang yang biasanya dipakai muslimin adalah celana yang longgar dan biasanya bisa digabungkan dengan gamis sebagai dalaman.

Tips Memilih Celana Cingkrang yang Modis namun Sesuai Syariat Islam

Berdasar hadits Rasulullah SAW, Muslim sebaiknya menghindari celana isbal yaitu celana yang panjangnya menutupi mata kaki. Berkata Nabi Muhammad SAW dalam HR Muslim : “Allah tidak akan melihat kepada orang yang menyeret pakaiannya dalam keadaan sombong”

Sedangkan diriwayatkan dari Bukhari bahwa seseorang yang memakai kain dengan panjang di bawah mata kaki, tempatnya tak lain adalah di neraka.

Maka dari itu, ada baiknya mulai memakai celana cingkrang dan mengurangi memakai celana isbal. Larangan dalam isbal sebenarnya bersifat umum, artinya universal untuk segala jenis pakaian. Isbal adalah lambang kesombongan. Jadi, jika memang terpaksa karena suatu keadaan memakai pakaian panjang, misalnya saja acara pernikahan atau formal-formal yang memang mengharuskan memakai celana panjang, maka alangkah lebih baik untuk tetap menjaga celana jangan sampai menyentuh mata kaki meskipun tidak terlalu cingkrang.

Nah, bagaimana memakai celana cingkrang yang sesuai syariat namun tetap modis? Simak tips-tips berikut ini.

  • Perhatikan Panjangnya

Celana cingkrang yang sesuai syariat dan bisa dibilang modis paling tidak harus di atas mata kaki, paling tidak 7 cm lebih tinggi dari celana biasa. Sesuaikan juga dengan tinggi badan karena bisa jadi jika tinggi badanmu lebih tinggi dari ukuran normal, mungkin celana tersebut akan sangat ngatung dan tentu tidak modis lagi dikenakan.

  • Pilih Warna Netral

Warna bagi pria yang cocok adalah warna-warna netral. Hitam, coklat, dan warna khaki mungkin bisa menjadi alternatif pilihan. Jangan pakai warna-warna terang seperti biru dan merah karena selain tidak modis, warna tersebut juga akan membuatmu ditertawakan kaum hawa. Pria lebih baik tampil sebagai sosok yang berkharisma.

  • Design simpel

Pilih jenis design celana yang simpel dan minim detail. Umumnya celana cingkrang memiliki desain yang banyak saku dengan aksen polos pada modelnya. Model pinggang pun biasanya juga hak atau serutan. Namun hak lebih disarankan.

  • Lebar celana

Biasanya ukuran standar celana cingkrang yaitu memiliki lebar lingkar paha 64 cm hingga 82 cm. Jangan memilih celana cingkrang yang dibawah standar itu karena bisa jadi akan terlalu ketat dipakai seperti celana pensil pada umumnya.

Baca juga Kenali Berbagai Golongan yang Ciri Pakaiannya Identik dengan Celana Cingkrang

Itulah beberapa tips untuk memilih celana cingkrang yang modis namun tidak meninggalkan syariat. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *