Setelah Memilih Bahan Kebaya, Ini Langkah Memilih Model Kebaya Pengantin

fashionities.com_bahan kebayaKebaya merupakan salah satu pakaian tradisional di Indonesia yang saat ini kembali popular untuk digunakan karena sudah banyak jenis bahan kebaya serta model yang dapat dipilih termasuk model untuk membuat baju pengantin. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat jenis kebaya pengantin adalah bahan brokat dan lace. Namun, untuk membuat baju pengantin dengan model kebaya muslim, kebaya harus dilapisi dengan menggunakan kain ciffon untuk memberikan kesan mewah dan untuk menutupi aurat.

Setelah memilih bahan yang digunakan untuk membuat kebaya pengantin, untuk pemilihan model kebaya pengantin harus berdasarkan bentuk tubuh ataupun warna kulit. Hal ini disebabkan agar penampilan pengantin menjadi lebih maksimal dan terlihat lebih cantik. Jika Anda bertubuh mungil maka gunakan model kebaya yang memberikan aksen yang lebih banyak di bagian pundak serta memiliki potongan serong di bagian bawah sehingga tubuh menjadi terlihat lebih tinggi.

Jika Anda merupakan wanita yang bertubuh kurus, maka sebaiknya pilih model kebaya yang memiliki aksen payet di sekitar leher untuk menampilkan agar tubuh terlihat lebih berisi. Anda sebaiknya menghindari jenis kebaya dengan bahu terbuka atau off shoulder agar tidak terlihat lebih kurus. Hal lain yang harus diperhatikan saat memilih model kebaya pengantin terutama dengan bahan kebaya yang memiliki banyak aksen/motif yaitu:

Baca juga:  Mengenal Jenis-jenis Bahan Kebaya yang Umum Digunakan

  • Untuk yang berbahu lebar, pilih model baju dengan kerah V atau aksen yang lebih banyak di bagian pinggul untuk kesan proporsional.
  • Untuk yang berpayudara besar, pilih yang memiliki model tertutup di bagian dada dan hindari penggunaan banyak aksen di bagian dada.
  • Untuk yang berperut besar, pilih model kebaya pengantin yang memiliki detail minimal di bagian pinggang dan pinggul. Pilihan model baby doll cocok untuk baju penganting atau yang memiliki panjang di bawah pinggul.

Jika pesta akan diselenggarakan di pagi atau siang hari, sebaiknya pilih warna yang lembut namun jika diselenggarakan di malam hari, pilih warna kebaya yang terang dan kuat. Anda juga dapat memilih warna anggun dan mewah seperti merah maroon dan merah anggur, coklat kopi, hijau lumut ataupun hijau emas. Sedangkan pertimbangan pemilihan model berdasarkan warna kulit yaitu:

  • Warna kulit gelap sebaiknya pilih warna netral atau warna soft.
  • Wanita berkulit kuning langsat dan putih dapat memilih warna apa saja untuk kebaya namun harus disesuaikan dengan warna bawahan ataupun dalaman.

Jika Anda menggunakan sesi siraman seperti di adat jawa, maka bahan untuk kebaya yang dapat digunakan adalah bahan chiffon dengan bordir dengan model kebaya encim. Untuk akad nikah, sebaiknya pilih bahan kebaya yang dapat menciptakan kesan yang glamor seperti brokat berpayet, brokat Jepang ataupun brokat impor Perancis. Namun, jika Anda menggunakan bahan lace, maka sebaiknya hindari penggunaan manik atau payet yang berlebihan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *