Sejarah Singkat Kain Tradisional Batik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan dan nilai-nilai tradisional sebagai warisan turun temurun dari nenek moyang. Salah satunya adalah banyaknya kain tradisional yang menjadi kekayaan budaya bangsa ini. Salah satu kain tradisional yang paling terkenal di Indonesia adalah kain batik yang sudah diakui oleh PBB sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia dari Indonesia. Kain tradisional ini dikenal sebagai kain dari pulau Jawa meskipun pada perjalanannya sekarang banyak tempat lain yang juga memiliki kain tradisional dengan cara pembuatan yang serupa. Kain yang saat ini banyak difavoritkan bukan hanya oleh masyarakat Indonesia namun juga masyarakat dunia ini memiliki sejarah yang sangat erat kaitannya dengan sejarah berdirinya bangsa Indonesia. Bagi Anda yang belum mengenal lebih jauh mengenai kain asal pulau Jawa ini, berikut adalah sejarah singkat penciptaan dan peredarannya di nusantara.

 Sejarah Singkat Kain Tradisional Batik di Indonesia

Awal mula kain ini dikenal dari abad ke 18 dengan tehnik tulis. Sebenarnya kesenian membuat pakaian ini sudah dimiliki sejak ribuan tahun sebelumnya dari negara mesin atau Sumeria. Di Indonesia sendiri pada awalnya tehnik membuat pakaian ini hanya dilakukan oleh keluarga kerajaan atau keraton saja dengan motif khusus yang tidak boleh digunakan oleh kasta rendah. Pada abad ke 19 tepatnya setelah perang dunia pertama berakhir, batik dengan tehnik cap mulai dipopulerkan sehingga membuat cara pembuatannya menjadi lebih mudah. Setelah itu kain ini dibuat dengan lebih cepat dan luas untuk memenuhi kebutuhan pakaian masyarakat pada umumnya. 

Tehnik membatik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada jaman dahulu masih menggunakan bahan-bahan tradisional. Kebanyakan warna yang digunakanpun adalah warna natural seperti coklat tua, coklat muda, hitam dan kekuningan. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat zat warna adalah:

  • Nila.
  • Pohon mengkudu.
  • Soga.
  • Dan tinggi.

Soga abu dan tanah lumpur juga digunakan sebagai campuran untuk membuat motif pada kain tradisional ini. 

Jika dahulu kain ini hanya digunakan oleh keluarga keraton saja, namun kini kain tradisional ini sudah bisa dipakai oleh siapa saja dan dimana saja. Dari baju tidur, hingga pakaian pesta sudah banyak yang menggunakan bahan dari kain asli Jawa ini sehingga menjadi warisan budaya yang membanggakan. Belum lagi kain ini juga sudah bisa ditemukan di berbagai negara sebagai souvenir khas Indonesia baik untuk cara pembuatan tulis maupun cap.

 Baca juga artikel menarik lainnya di fashionities.com

Diharapkan dengan mengetahui sejarah singkat dari kain batik yang melegenda ini, masyarakat Indonesia khsususnya para remaja akan lebih mencintai penggunaan kain tradisional untuk berbagai kegiatan. Bukan hanya kain asli Jawa saja yang perlu dilestarikan namun juga kain asli dari daerah lainnya di Indonesia seperti ulos, songket dan sebagainya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *