Sejarah dan Perbedaan Baju Koko dengan Baju Takwa

fashionities.com_baju kokoBaju koko, di Indonesia identik dengan baju muslim pria. Sekarang baju model ini menjadi trand fashion yang bisa digunakan diberbagai acara. Dulu, baju ini umumnya digunakan hanya untuk kegiatan-kegiatan keagamaan dan beribadah ke mesjid.

Asal Mula Baju Muslim Pria

Di Negara asalnya, Cina baju koko adalah model baju turun temurun dikenal dengan nama “Tui-Khim”. Sedangkan di Betawi baju ini dikenal dengan nama Tiki,. Ciri khas baju Tui Khim adalah bagian depannya memiliki lima buah kancing.

Hingga awal abad ke-20, para pria Tionghoa yang tinggal di Indonesia masih banyak yang menggunakan baju ini yang dipadukan dengan celana yang longgar, biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Lama kelamaan baju Tui Khim menjadi baju yang juga digunakan oleh warga pribumi. Hal tersebut karena semakin erat hubungan, semakin berbaurnya masyarakat Tionghoa dengan masyarakat pribumi hingga baju ini mulai di adaptasi.

Asal mula sebutan Koko karena bisanya yang menggunakan baju ini adalah engko-engko yang disebut dalam bahasa Indonesia menjadi Koko, itulah mengapa baju ini disebut baju koko.

Kemudian barulah pada tahun 1990-an mulai terjadi perpaduan antara baju Tui Khim dengan unsur islam. Saat ini baju ini mulai dikenal dan digunakan untuk acara-acara keagamaan.

Baca juga: Tips Memilih Baju Koko yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Perbedaan Baju Tui Khim dengan Baju Takwa

Di beberapa daerah di Indonesia baju Tui Khim menjadi baju takwa. Padahal kedua baju tersebut berbeda. Baju takwa adalah hasil dari modifikasi baju Surjan yaitu baju pakaian adat jawa yang digunakan sehari-hari.

Bisanya baju Surjan digunakan untuk acara-acara resmi, misalnya untuk upacara adat jawa. Menggunakan baju Surjan bisanya dilengkapi asesoris seperti blangkon dan beberan. Baju ini memiliki ciri khas yaitu motifnya berupa garis-garis vertikal. Warna garis-garisnya ada yang coklat muda dan coklat tua.

Kembali lagi ke pembahasan Tui Khim, sekarang baju ini menjadi trand fashion. Bahkan menjadi seragam sekolah yang digunakan pada hari jumat. Bahkan di beberapa daerah baju ini menjadi pakaian wajib pada hari tertentu yang digunakan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Baju Tui Khim sebagai bagian dari fashion mengalami perkembangan baik dari segi model maupun motif yang digunakan. Itu sebabnya baju ini tidak hanya digunakan untuk acara-acara resmi saja, namun cocok digunakan untuk acara santai.

Anak muda yang menggunakan baju ini bisa terlihat trandy begitupun dengan orang dewasa. Dengan catatan pandai mempadu padan gaya berpakaian. Misalnya: untuk acara santai bisa memilih model tangan pendek bisa dipadukan dengan bawahan celana jeans. Sedangkan untuk acara santai bisa dipadukan dengan baju model lengan panjang dengan bawahan kain katun.

Demikian sekilas sejarah baju koko dan perbedaannya dengan baju takwa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan tentang sejarah fashion khusunya baju busana muslim pria. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *