Sejarah Celana Cutbray Hingga Kembali Tenar Seperti Saat Ini

Perkembangan fashion item selalu berputar. Jika dahulunya terdapat fashion item yang terkenal dan popular sehingga digunakan banyak orang kini fashion item tersebut kembali terkenal dan salah satunya adalah celana cutbray. Celana tersebut merupakan jenis celana yang memiliki design melebar di bagian lutut ke bawah sehingga celana tersebut memiliki bentuk seperti lonceng. Celana yang dipopularkan oleh Elvis Presley ini sudah menjadi trend di era 70an.

Sejarah Celana Cutbray Hingga Kembali Tenar Seperti Saat Ini

Berdasarkan pada sejarahnya, ada yang mengatakan jika celana ini sudah ada di abad ke-17 dan ada yang mengatakan jika muncul pertama kali pada abad ke-19. Di abad ke-17, jenis celana yang memiliki design melebar di bagian bawah ini digunakan oleh petugas kebersihan kapal karena dahulunya pekerja menggunakan jenis celana yang bagian ujungnya menyempit sehingga membuat pekerja kapal kesusahan untuk menggulung celana dan menyebabkan ritme kerja menjadi terganggu. Karena hal tersebutlah, akhirnya dibuat celana dengan model lonceng did bagian bawahnya dan diminati oleh masyarakat yang kala itu memadukannya dengan menggunakan boots.

Di awal abad ke-19, celana panjang dengan model cutbray ini dipergunakan oleh angkatan laut Amerika Serikat. Kemudian, celana cutbray tersebut digunakan oleh kebanyakan wanita di Eropa dan Amerika Utara karena membuat penampilan menjadi modis di tahun 1960an. Kemudian sekitar tahun 1970an, celana jenis ini menjadi trend tidak hanya digunakan oleh para wanita namun juga para pria. Bahkan kala itu jenis celana ini digunakan untuk menghadiri pesta disko atau untuk clubbing dan memberikan kesan retro.

Kepopuleran celana model cutbray meningkat semenjak penyanyi Elvis Presley menggunakan jenis celana tersebut dan bahkan menjadi ikon atau ciri khas tersendiri dari penyanyi yang memiliki jambang tersebut. Tidak heran jika setelah jaman Elvis Presley, celana tersebut juga kerap diidentikkan dengan penyanyi tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu, celana dengan model lonceng di bagian bawahnya ini dipadukan dengan aneka jenis atasan.

Walaupun kembali tidak popular semenjak kemunculan celana jeans model skinny, celana cutbray tersebut muncul kembali di era 2000an seperti di tahun 2017. Celana ini tidak hanya digunakan oleh para pelajar namun juga oleh para selebritis dunia. Beberapa cara trendy gunakan celana panjang cutbray yang bisa Anda coba yaitu:

Baca Juga Celana Cutbray Kembali Menjadi Tren, Inilah Atasan yang Sesuai untuk Dipadu-padankan

  • Memadukan antara celana model cutrbray dengan outer yang memiliki panjang hingga sepaha atau selutut. Style ini bisa Anda aplikasikan jika Anda berhijab atau tidak mau menampilkan lekuk tubuh.
  • Memadukannya dengan atasan peplum untuk memberikan kesan yang lebih feminim untuk penampilan Anda.
  • Menggunakan atasan yang berlayer terutama untuk Anda yang memiliki badan kecil karena layer atasan yang Anda kenakan tersebut bisa memberikan kesan tubuh yang lebih bervolume.
  • Memadukannya dengan kaos dan sneakers untuk suasana santai.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *