Sebelum Belajar Membuat Pola Rok, Sebaiknya Ketahui Jenis-Jenis Rok Berikut Ini

Sekarang banyak model rok wanita yang dihasilkan dari tangan-tangan kreatif para desainer. Banyak model rok yang dirubah sesuai dengan keinginan dan karakter penggunanya. Model dasar rok dibuat terlebih dulu melalui proses pembuatan pola rok.

Namun sebelum membuat pola rok, sudah seharusnya terlebih dulu mengetahui jenis-jenis rok. Dengan mengetahui jenis-jenis rok, dapat membantu Anda menentukan jenis rok yang akan dibuat dan dengan mudah dapat membayangkan model yang sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga:  Cara Membuat Desain Baju Melalui Sketsa Mode

A-Line Skirt

Jenis rok ini desainnya mengembang. Cocok digunakan untuk wanita yang memiliki tubuh mungil atau curvy. Jika dilihat sepintas bentuknya seperti payung, sehingga dapat memberikan efek bervolume. Biasanya rok ini digunakan untuk yang ingin tampil casual maupun semi formal.

Broomstick Skirt

Rok ini bentuknya panjang dengan detail tiga atau jahitannya horizontal sehingga membuat rok ini terlihat berlapis-lapis. Menggunakan rok ini bisa membuat penampilan terlihat lebih casual maupun semi kasual. Namun cocok juga digunakan untuk Anda yang ingin tampil formal.

Bubble Skirt

Seperti namanya, rok ini bentuknya bergelembung memiliki ciri-ciri pada pinggang yang elastic dengan lipatan yang masuk ke dalam. Umumnya rok ini memiliki panjang selutut dan menggunakan bahan satin.

Draped Skirt

Rok ini dibuat dengan teknik drapping yang mengasilkan layer bertumpuk yang dibuat dari selembar kain lebar. Dengan serat serong yang dilipat sehingga menghaslkan rok yang jatuh bebas menggantung.

Pencil Skirt

Rok ini modelnya lurus membalut tubuh. Biasanya digunakan untuk acara formal, seperti ke kantor, seminar dan acara formal lainnya. Menggunakan rok ini memberikan kesan chic yang elegan. Bagi yang ingin terlihat kakinya lebih jenjang bisa buat rok yang ukuran panjangnya melebihi lutut.

Accordion Skirt

Rok ini bentunya rata dan sempit. Menggunakan kain yang lembut dan halus. Ploi-ploi pada rok dibuat dengan cara dijahit atau disetrika menggunakan bahan kimia. Rok ini digunakan juga untuk blus.

Dirndl Skirt

Bentuk rok ini menyerupai bubble skirt. Perbedaannya adalah dari bentuk lipatan yang masuk ke bagian dalam rok. Pada rok model ini panjangnya melebihi lutut atau pas di lutut.

Fishtail Skirt

Seperti namanya, sekilas rok ini bentuknya mirip ikan. Di bagian pinggul dan lutut bentuknya pas di badan kemudian di bagian tumit melebar. Rok ini disebut juga rok duyung dan cocok digunakan untuk tampilan formal.

Flared Skirt

Jika sepintas rok ini bentuknya mirip dengan A-Line, perbedaannya terletak pada bagian bawah rok yang melebar. Sekarang model rok ini panjangnya berbeda-beda, ada yang selutut, di atas lutut dan sebetis.

Itulah beberapa jenis rok yang sekarang atau pernah menjadi trand. Sebenarnya masih banyak jenis rok lainnya yang belum disebutkan di atas. Semoga dengan adanya pembahasan ini, dapat membantu Anda khususnya yang sedang merancang pola rok yang akan Anda buat sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *