Pilih Baju Koko dengan 4 Panduan Ini Agar Tidak Keliru

Berhubung saat ini lebaran sudah dekat maka toko yang menjual baju koko dijamin ramai diserbu pembeli. Baju jenis koko ini memang identik dipakai oleh pria muslim untuk menjalankan ibadah sholat, baik sholat wajib maupun sunnah. Tak lengkap rasanya jika tahun ini belum membeli koko baru yang rencananya akan dipakai saat sholat ied, dan baiknya memilih yang terbaik. Memilih yang terbaik disini tentu tidak selalu berkaitan dengan merek dan juga harga melainkan yang memberi kenyamanan.

Pilih Baju Koko dengan 4 Panduan Ini Agar Tidak Keliru

Panduan Membeli Koko

Bagi Anda yang berencana membeli koko untuk diri sendiri maupun dijadikan hadiah lebaran untuk orang terdekat dan mencari yang terbaik. Maka berikut panduan untuk memilih koko tersebut:

  • Ukuran yang pas di badan,

Ukuran dari baju jenis koko ini perlu dipastikan memang pas di badan karena dipakai untuk beribadah. Maka ukuran yang pas akan memberi rasa nyaman dan berimbas pada khusyuknya ibadah yang dijalankan. Usahakan tidak terlalu besar karena membuat penampilan tidak rapi dan jangan pula terlalu kecil. Sebab koko yang kekecilan membatasi gerakan badan dan bisa jadi sobek begitu saja sewaktu rukuk ataupun sujud.

  • Memperhatikan detail bordir atau motif,

Pilihan baju koko di pasaran cukup banyak selain bermain dengan warna juga terdapat beberapa detail di dalamnya. Mulai dari model baik model pada lengan maupun kerah sampai keberadaan motif maupun bordir di beberapa bagian. Beberapa koko dibuat dengan detail yang lebih mencolok menutupi sebagian besar koko tersebut namun ada pula yang simpel. Jika koko ini dipakai untuk beribadah model simpel lebih disarankan agar tidak mencolok, sebaliknya jika dipakai untuk kondangan.

  • Bahan koko terasa nyaman,

Bahan dari baju jenis koko ini baiknya mencari yang nyaman yakni yang adem dan tidak terlalu tebal. Sebenarnya tebal tidak masalah asalkan sejalan dengan kemampuannya dalam menyerap keringat dan memberi sirkulasi udara yang baik. Sebab tebal saja dirasa tidak cukup karena bisa jadi membuat tubuh kepanasan sewaktu memakainya. Bahan yang bagus dan nyaman baiknya juga berkualitas sehingga permukaannya tidak kasar atau berserabut. Nantinya enak dipakai dan juga lebih awet karena tidak mudah sobek.

Baca juga: Tips Memilih Baju Koko untuk Ibadah Sholat Tarawih

  • Menentukan warna sesuai kebutuhan,

Sedangkan untuk detail warna dianjurkan memilih warna sesuai dengan kebutuhan yakni disesuaikan acara dimana koko tersebut dipakai. Sewaktu digunakan untuk sholat misalnya maka warna netral dan lembut seperti warna putih maupun warna pastel lebih ideal. Sebab tidak mencolok dan bisa menjaga kualitas ibadah yang dilakukan. Apabila koko ini dipakai untuk ke acara kondangan maka bisa sedikit bermain dengan warna bold maupun yang lebih cerah. Memahami konsep ini memberi kemudahan memilih baju koko yang memang tepat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *