Petualangan Sherina, Dari Film Menjadi Drama Musikal Sekolah


Mereka yang lahir dan dibesarkan pada tahun 1990–an pasti tidak asing dengan film Petualangan Sherina. Film yang dibintangi oleh penyanyi cilik Sherina dan Derby Romero itu sukses menggaet banyak penonton dan menjadi salah satu film keluarga terlaris sepanjang masa di Indonesia. Film yang berkisah tentang Sherina yang baru saja pindah dan kemudian harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Keseruan film ini dimulai ketika secara tiba tiba dan tidak sengaja, Sherina memiliki petualangan yang tak terduga dengan bocah yang sering mengusilinya di sekolah baru, Sadam. Nah, bagaimana jika film Petualangan Sherina ini dijadikan sebuah drama musikal sekolah?  Tahun kemarin, film Petualangan Sherina dijadikan drama musikal sekolah yang digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail, Jakarta Pusat. Salah satu pemain drama musikal Petualangan Sherina ini adalah penyanyi Abby Galabby dan suaminya, Dimas Danang.

Drama musikal ini benar benar mengadaptasi dari cerita asli film Petualangan Sherina. Film tersebut secara keseluruhan memang mengikuti alur dan penokohan seperti di film pertama. Namun, ada beberapa bagian yang diubah seperti misalnya nama teman Sherina yang bernama Upai, diubah menjadi nama Ubaidillah. Selain itu karena dibuat ulang pada tahun 2017, maka perlu ada penyegar agar lebih dekat dengan masyarakat. Hal itu dibuat dengan menambahkan cameo abang ojek online.


Melalui audisi sebanyak lebih dari 2000 orang, ada dua gadis cilik yang memerankan sebagai Sherina, yaitu Caicilia Laura dan Maisha Kanna. Dipilih dua orang karena jadwal show dalam sehari ada dua kali selama tiga hari. Tim pemain pun juga dibuat menjadi dua. Selama pertunjukan, lagu lagu yang sangat lekat dengan film tersebut sepeti Jagoan, Bintang dan Lihatlah Lebih Dekat kembali berputar dan seolah mengajak penonton terseret kembali mengenang masa kecil mereka. Selain mengandalkan lagu lama, drama musikal Petualangan Sherina juga ada penambahan lagu tentang persahabatan.

Abby Gallaby sendiri adalah salah satu pemain pada film Sherina di tahun 2000 itu. Saat itu, Abby, sapaan akrabnya, berperan menjadi salah satu teman dari Sherina yang di Jakarta. Pada drama musikal ini, Abby memainkan peran sebagai Zus Natasha sang konglomerat yang tampil modis (baca soal fashion Abby Gallaby di sini https://review.bukalapak.com/fashion/kombinasi-gaya-vintage-juga-bisa-keren-contek-5-gaya-dari-abby-galabby-ini-36883).

Istri dari pembawa acara Dimas Danang tersebut mengaku bahwa merasa sangat senang saat ditawari oleh Komunitas Jakarta Movement of Inspiration untuk terlibat dalam drama musikal tersebut. Ia hanya membutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk mendalami karakter antagonis tersebut. Abby Gallaby tidak sendiri, sang suami pun juga mengambil peran sebagai penculik Sherina dan Sadam.

Produser dari drama musikal Petualangan Sherina, Nurul Susantono, merasa bangga dan lega karena akhirnya bisa selesai dengan baik dan sukses memukau ribuan penonton. Pada awalnya Nurul mengaku kesulitan karena pada film asli, ada beberapa adegan yang berjalan secara paralel.

Namun Nurul akhirnya berhasil mengatur ulang kejadian tersebut tanpa harus mengubah keseluruhan dari jalan cerita. Tiket yang dijual dengan kisaran harga Rp300.000 hingga Rp800.000 ludes terjual. Dia pun tidak mendapat intervensi dari sutradara Petualangan Sherina terdahulu, Mira Lesmana dan Riri Riza. Hanya ada bantuan dari Derby Romero yang bertugas sebagai mentor para pemain drama musikal tersebut.Total, drama musikal tersebut melibatkan 55 pemeran, 23 musisi, 50 kru, dan 19 orang tim kreatif.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *