Peluang Bisnis Mencuci Sepatu Beromzet Puluhan Juta

fashionities.com-mencuci sepatu

Bertahan di era globalisasi serta perdagangan bebas seperti sekarang ini, selain membutuhkan jiwa yang tangguh, juga dibutuhkan kreatifitas agar bisa bertahan di tengah persaingan. Salah satu caranya adalah dengan membuka bisnis mencuci sepatu yang bisa meraup omzet puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Bisnis cuci sepatu atau laundry sepatu ini memang terdengar asing, karena yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia selama ini adalah laundry pakaian. Namun, jangan salah, karena laundry sepatu ini bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan dan mendatangkan banyak keuntungan.

Saat ini sepatu menjadi salah satu item fashion yang wajib digunakan oleh setiap orang, bahkan bagi para pecinta sepatu, mereka pun rela untuk belanja sepatu yang memiliki harga hingga jutaan rupiah. Akan tetapi, banyak dari para pecinta sepatu yang hanya suka memakainya tanpa tahu bagaimana cara merawatnya sehingga banyak sepatu mereka yang rusak dan terbuang percuma.

Meningkatnya minat masyarakat pada sepatu berbagai jenis dan bahan merupakan peluang bagi siapapun yang ingin membuka jasa laundry sepatu. Meski terdengar sepele, namun mencuci sepatu tidak boleh disepelekan, karena berbeda jenis sepatu dan bahannya, maka berbeda pula cara mencucinya.

Biasanya, patokan harga untuk jasa cuci sepatu adalah Rp 40.000,- hingga Rp 90.000,- setiap pasangnya, tergantung dari tingkat kesulitan pembersihan sepatu. Kalkulasikan saja bila setiap bulannya ada 150 pasang sepatu yang dibersihkan, maka omzet bisa mencapai Rp 13.500.000,-.

Baca juga:  Kiat Cerdas Mencuci Sepatu Agar Tetap Bersih

Cara membuka bisnis jasa cuci sepatu ini pun terbilang mudah, jika tak memiliki kios, maka bisa menggunakan ruangan di rumah, karena untuk membersihkan sepatu tidak membutuhkan ruang yang luas dalam menempatkan perlengkapan laundry. Tak seperti laundry pakaian yang butuh ruang untuk menempatkan mesin cuci, maka laundry sepatu hanya butuh cairan khusus, sikat khusus, serta teknik khusus untuk membersihkan sepatu.

Jika dibandingkan dengan laundry pakaian, persaingan laundry sepatu tidaklah terlalu ketat karena memang belum banyak orang yang memilih usaha jasa ini sehingga peluangnya masihlah sangat besar. Apalagi omzet usaha ini tak hanya bisa datang dari jasa cuci sepatu saja, akan tetapi juga dari penjualan produk-produk khusus untuk membersihkan sepatu yang biasanya diimpor dari luar negeri.

Ketika pertama kali membuka usaha ini, mungkin omzet yang masuk belumlah besar, hal ini bisa jadi karena belum banyak orang yang belum mengenal dan memahami apa itu jasa cuci sepatu. Oleh karena itu, salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan mempromosikan usaha laundry sepatu di sosial media yang terbilang efek penyebarannya bisa sangat cepat sehingga semakin banyak orang yang mengetahui usaha jasa tersebut, maka akan semakin banyak pula orang yang akan menggunakan usaha jasa tersebut.

Saat memulai suatu usaha, salah satu hal yang dibutuhkan adalah dengan melihat peluang. Begitu juga ketika melihat peningkatan tren penggunaan sepatu sebagai item fashion, maka ini adalah peluang untuk membuka jasa mencuci sepatu yang harus dimanfaatkan dengan baik

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *