Minyak Pemanjang Rambut Untuk Mengatasi Kebotakan

Perlu diketahui bahwa rontoknya rambut seseorang bisa berbeda-beda sesuai pola kebotakan masing-masing. Ada kalanya kebotakan membentuk pola menyerupai bentuk M atau bisa juga hanya terjadi di daerah pelipis atau di puncak kepala saja. Selain mengganggu kepercayaan diri, kebotakan dapat memengaruhi kesehatan rambut secara umum, apalagi jika tidak ditangani. Maka dari itu, memahami cara mengatasi kebotakan agar tidak meluas adalah suatu hal yang krusial, bukan? Mari dalam artikel ini kita simak ulasannya:

  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Salah satu mengatasi kebotakan adalah butuh nutrisi banyak. Seorang nutrisionis menegaskan bahwa memenuhi kebutuhan nutrisi adalah salah satu cara alami terbaik untuk mengatasi kebotakan. Protein penting untuk menyuburkan dan menjaga kekuatan rambut. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan konsumsi 4-5 porsi kacang, susu, dan telur setiap harinya. Selain itu, konsumsi beragam jenis makanan tiap hari, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, ikan, serta daging tanpa lemak juga direkomendasikan.

  • Tidak Berlebihan Menata Rambut

Pelurus, pengering rambut, hingga sisir yang bergigi rapat dapat memperparah kerontokan dan kebotakan rambut. Hindari menggunakan alat-alat ini secara berlebihan. Memotong rambut pendek juga dapat mengurangi risiko kebotakan. Sebaliknya, terlalu sering mencuci rambut juga justru menyebabkan kerontokan.

  • Transplantasi Rambut

Transplantasi dilakukan dengan memindahkan rambut dari area yang subur untuk kemudian ditransplantasikan ke area yang botak. Keunggulan dari metode ini adalah bersifat permanen dan terlihat alami. Tidak seperti kasus androgenic alopecia, rambut rontok yang disebabkan oleh stres kondisinya tidak permanen. Jika Anda bisa mengontrol stres dengan baik, rambut dapat tumbuh kembali.

Dalam hal ini, cobalah beberapa cara salah satunya adalah dengan menggunakan minyak pemanjang rambut kepala, mari kita simak beberapa rekomendasi di bawah ini:

Sebagai alternatif, mengolesi minyak esensial mungkin patut dicoba. Dalam sebuah penelitian kecil, pasien areata alopecia yang diberi terapi pijat rosemary, peppermint, thyme, dan lavender dengan campuran jojoba atau minyak biji anggur pada kulit kepala mereka setiap hari, mengalami perbaikan pertumbuhan rambut hingga sebesar 44 persen. Anda juga bisa melakukan metode pengobatan dari bahan-bahan alami lainnya di rumah. Seperti menggunakan gel lidah buaya yang bisa meningkatkan kadar pH kulit kepala dan meningkatkan kesehatan rambut. Oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala, pijat lembut, dan biarkan selama satu jam. Bilas dan lakukan sebanyak tiga hingga empat kali seminggu.

Anda juga bisa menggunakan akar manis, yang memiliki kandungan untuk meredakan iritasi di kulit kepala. Campurkan akar manis yang sudah ditumbuk (1 sendok makan), rempah kuma-kuma (1/4 sendok makan), dan satu cangkir susu. Aplikasikan campuran ini ke area rambut yang botak, tutupi kepala dan biarkan semalaman. Bilas keesokan paginya dan ulangi sebanyak satu hingga dua kali seminggu. Cara alami lain yang bisa digunakan adalah menggunakan bunga hibiscus Tiongkok. Dimana bunga tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, mengatasi ketombe, dan menebalkan rambut. Campurkan bunga tadi dengan minyak kelapa, panaskan sampai bunganya hitam, lalu peras untuk mengumpulkan minyaknya. Oleskan ke kulit kepala sebelum tidur dan biarkan semalaman. Bilas keesokan paginya. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu.

Pijat rosemary, peppermint, thyme, dan lavender dengan campuran jojoba atau minyak pemanjang rambut biji anggur pada kulit kepala setiap hari bisa mendapatkan perbaikan pertumbuhan rambut hingga sebesar 44 persen. Memijat kulit kepala juga ternyata mampu meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, yang menguatkan akar rambut. Gunakan minyak kelapa, minyak almond, atau minyak lainnya seperti minyak jarak, minyak zaitun, dan minyak amla (sejenis berry yang berasal dari India). Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial rosemary sebagai bahan campuran. Oleskan minyak tadi ke rambut dan kulit kepala, kemudian pijat secara lembut. Lakukan perawatan ini setidaknya sekali seminggu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *