Merawat Sepatu Sesuai Bahan Ternyata Membuatnya Tahan Lama

fashionities.com-merawat sepatuBisa jadi Kita termasuk orang yang gemar mengoleksi sepatu sehingga jumlahnya di almari bisa puluhan bahkan ratusan. Namun, semakin banyak sepasang sepatu yang dimiliki tentu menyimpan kewajiban tersendiri bagi pemiliknya. Yakni kewajiban untuk merawat sepatu tersebut satu per satu supaya ketika hendak dikenakan dalam kondisi yang masih baik. Terlalu lama tersimpan di almari dan tidak pernah dipakai akan membuatnya mudah pudar dan rusak.

Menjadikan Sepatu Lebih Awet

Merawat semua sepatu kesayangan sebenarnya perlu menyesuaikan dengan material sepatu itu sendiri, beda bahan beda juga caranya. Berikut beberapa cara perawatan sepatu berdasarkan bahannya:

  • Sepatu dari material kulit,

Sepatu kulit menjadi sepatu yang sering dimiliki semua orang, sebab aman dipakai untuk acara formal, kantor, pesta, dan sebagainya. Menjadikan material kulit selalu bersinar perlu melakukan perawatan dengan cara dibersihkan dengan lap basah.

Hindari mencuci sepatu kulit secara langsung dengan detergent, sebab bisa membuat kulit rusak, kering, dan pecah-pecah. Sepatu kulit sendiri menjadi sepatu yang paling mudah dirawat sekaligus hemat sebab hanya butuh dilap saja. Penyimpanan masih sama seperti sepatu bahan lain pada umumnya, yakni disimpan di tempat yang bersih dan kering. Material kulit yang terlalu lama berada di tempat lembab akan mudah berjamur, sehingga mudah aus dan tidak nyaman lagi untuk dikenakan.

Baca juga:  Tips Merawat Sepatu Berbahan Kulit

  • Sepatu dari material suede,

Bagi yang memiliki sepatu dari bahan suede, memang perlu diakui merawat sepatu jenis ini memang yang tersulit diantara material lainnya. Terkena noda sedikit saja sebaiknya segera membersihkan semua bagian sepatu, jika tidak warna suede akan berbeda. Sehingga nampak aneh dan kelihatan dekil, mencucinya pun tidak bisa dengan air ditambah detergent. Perlu memakai sikat khusus yang bisa didapatkan di toko sepatu sebab memiliki bulu sikat yang lebih lembut dan dikhususkan untuk suede.

Bahan suede sendiri memiliki karakteristik mudah menyerap air, sehingga akan lebih baik jika jarang dicuci dengan air. Disikat saja, meski terkena noda yang membandel sekalipun pilihan terbaiknya ialah dengan menyikatnya. Apabila hendak keluar rumah bersama sepatu berbahan suede ini pastikan cuaca cerah, sebab saat hujan turun. Maka sepatu dapat dipastikan mudah basah sampai ke bagian dalam sehingga mudah rusak dan kurang nyaman di kaki. Gunakan hanya saat musim kemarau, sehingga kemungkinan hujan tidak terlalu besar.

  • Perawatan sepatu berbahan denim dan kanvas,

Sepatu dari bahan kanvas atau denim menjadi andalan siapa saja untuk tampil casual, sebab tidak menuntut pemakainya tampil rapi dan bersih. Keuntungan lainnya adalah dari segi perawatan yang terasa semakin mudah, sebab tidak mudah kotor. Sehingga pemiliknya pun tidak perlu mengatur jadwal khusus untuk mencuci dan membersihkan sepatu tersebut. Mencucinya pun cukup mudah, sebab tidak memerlukan bantuan air hanya dipukul-pukul saja dengan telapak tangan. Maka seketika noda pun akan memudar dengan sendirinya.

Material yang berbeda akan menawarkan karakteristik atau sifat yang berbeda sehingga dari segi perawatan. Sepatu perlu dirawat dengan melihat materialnya terlebih dahulu, ketika cara yang ditempuh sudah tepat. Dapat dipastikan sepatu kesayangan tidak hanya selalu dalam keadaan bersih saja namun juga lebih tahan lama. Menyimpan sepatu pun sebaiknya dibungkus berlapis supaya debu tidak mudah masuk. Jangan lupa sesekali dikeluarkan supaya udara masuk dan mengurangi kelembaban pada sepatu, mudah bukan cara merawat sepatu yang benar?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *