Merawat Kain Sutra Agar Tetap Berkualitas

Kain sutra merupakan serat protein alami yang dihasilkan oleh larva ulat sutra murbei, ya benar sekali bahwa ulat ini mengkonsumsi daun murbei untuk menghasilkan serat sutra yang baik. sutra merupakan produk unggulan bagi semua kalangan konsumen, karena sutra sendiri mempresentasikan jenis kain yang mewah dan elegan. Meskipun teknologi sudah canggih sutra asli tetap menjadi pilihan utama daripada sutra sintesis buatan manusia dan mesin.

Merawat Kain Sutra Agar Tetap Berkualitas

Konon, sutar pertama kali muncul di negara China sejak zaman kekaisaran, pada saat itu diperkenalkan oleh permaisuri Si-Ling-Chi, dan lagi negara China merahasiakan cara pembuatan dan bahan dasar sutra selama beratus-ratus tahun lamanya. entah bagaimana asal usulnya yang jelas sutra menjadi komoditi unggulan di China. Bahkan sampai saat ini pun sutra menjadi komoditi terpenting diberbagai negara seperti, Brasil, Spanyol, Prancis, Turki, Yunani, Italia, India dan negara besar lainnya.

Kain sutra menjadi pilihan terbaik untuk tampil elegan dan mewah, sangat glamour jika digunakan untuk pergi ke pesta.  Kain sutra sendiri menjadi salah satu pilihan favorit kaum hawa. Dengan harga yang fantastis kain ini sebanding dengan kenyamanan dan kemewahan yang diberikan. Sutra memiliki kenyamanan yang istimewa, sangat terasa lembut keetika menyentuh kulit.

Kain sutra terlihat sangat mewah, hal ini disebabkan oleh lapisan fibron yang membentuk struktur mikro berbentuk prisma, struktur inilah yang menghasilkan bahan yang berkilau bak mutiara ketika terpapar matahari atau cahaya secara langsung. Pemanfaatan kain sutra biasanya digunakan sebagai dress, mukena, busana muslimah dan berbagai fashion lainnya. Saat inipun banyak sekali kolaborasi kain yang dipadu padankan dengan kain sutra. Karena kain ini termasuk barang mewah dengan harga yang mahal perlu lah dilakukan perawatan khusus ketika memilikinya.

Kain sutra sekarang ini sudah cukup mudah untuk didapatkan, namun mendapatkan lebih mudah dari pada merawat. Berikut beberapa sifat dasar sutra yang perlu diperhatikan untuk merawat sutra, yang pertama adalah mengetahui tingkat elastisitas kain sutra. Normalnya kain sutra dapat merenggang 1/7 bagian, ini dikarenakan baiknya kualitas pembuatan benang dan finishing kain. Sutra merupakan protein fiber yang dapat menyimpan panas tubuh, sehingga cocok sekali dipakai ketika musim dingin, meskipun demikian sutra memiliki daya serap yang tinggi, sehingga sangat nyaman digunakan karena memiliki kemampuan menyerap keringat sekitar 11% dari berat kain sebenarnya.

Baca juga: Kebaya Muslim Elegan Buat Tampil Kekinian

Namun keringat sendiri menjadikan pakaian sutra mudah kotor dan dapat menurunkan intensitas warna kain, oleh karena itu sebaiknya setelah dipakai harap untuk segera dicuci. Perlu diingat sutra juga sensitif terhadap panas, oleh karena itu disarankan untuk menyetrika dalam kondisi lembab, karena kain ini juga mudah terbakar. Hindari juga berlama-lama mengekspos kain sutra dibawah terik matahari secara langsung. Namun juga jangan menyimpan sutra dalam kondisi lembab, keadaan ini akan memicu timbulnya jamur dengan sangat cepat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *