Merawat Jam Tangan dari Kulit

fashionities.com-merawat jam tangan

Jam tangan atau arloji merupakan aksesoris penting yang mesti digunakan agar kita tepat waktu. Selain menjadi penunjuk waktu, jam tangan juga berfungsi sebagai penunjang gaya bagi pemakainya. Memakai jam tangan sudah menjadi gaya hidup, terutama bagi kaum pekerja kantoran. Jam tangan merupakan salah satu item yang melengkapi penampilan seseorang. Sebagaimana asesoris lainnya, jam tangan perlu dirawat agar awet. Merawat jam tangan mesti dilakukan sacara berkala agar jam tangan yang kita gunakan tetap dapat menunjang penampilan kita, bukan sebaliknya malah mengganggu penampilan kita.

Jam tangan biasanya melekat di pergelangan tangan pemakainya dalam waktu yang relatif lama. bagi pekerja kantoran, misalnya, jam tangan akan dikenakan sejak pagi hari ketika berangkat dari rumah di pagi hari dan akan terus dipakai setidaknya sampai kembali lagi ke rumah pada sore hari. Memakai jam tangan dalam waktu yang relatif lama berpotensi membuat kulit pergelangan tangan terkena iritasi, apalagi jika yang dikenakan adalah jam tangan dengan tali berbahan kulit. Jika kulit jam tangan basah, pergelangan tangan kita akan lembab sehingga akan mudah terkena iritasi, sebaliknya jika kulit jam terlalu kaku dan kering, pergelangan tangan kita akan mudah tergores. Untuk itulah merawat jam tangan dari kulit harus dilakukan dengan cara khusus.

Baca juga:  Siapa Bilang Merawat Jam Tangan Itu Susah, Ternyata Sangat Mudah dan Sederhana!

Jika tali jam tangan berbahan kulit dengan lapisan luar yang halus dan licin, cara merawatnya agar tetap nyaman dipakai adalah membersihkannya dengan handbody dan tisu agar tali arloji tetap kinclong. Membersihkan tali arloji dengan handbody juga akan menghilangkan debu-debu halus yang biasanya melekat pada permukaan kulit tali arloji. Debu yang lengket jika dibiarkan akan membuat tali arloji kita terlihat kotor. Dampak yang lebih buruk dari debu yang menempel pada permukaan tali kulit arloji adalah menyebabkan pergelangan tangan kita gatal-gatal.

Jika tali jam tangan bahannya adalah kulit tanpa lapisan/ kulit yang hanya dikeringkan tanpa ditempeli bahan lain, maka perawatannya sedikit lebih sulit. Debu yang menempel pada tali kulit asli cenderung tidak terlihat. Selain itu, kulit asli juga cenderung lebih mudah menyerap keringat yang kita hasilkan. Untuk merawat tali arloji dengan bahan kulit murni, kita harus rutin menyikatnya dengan sikat berbahan bulu-bulu halus, seperti sikat gigi. Membersihkannya pun bukan dengan handbody, melainkan dengan sedikit shampoo. Mengeringkan tali arlji berbahan kulit asli juga tidak boleh dijemur di bawah matahari langsung, sebab kulit tali akan menjadi bau dan kulit tali akan menjadi kaku sehingga tidak nyaman digunakan. Cara yang paling baik adalah mengeringkannya di dekat kipas angin sampai benar-benar kering sehingga tidak akan lembab ketika digunakan.

Itulah cara merawat jam tangan dengan tali berbahan kulit yang paling mudah. Gunakan jam tangan hanya di luar rumah atau pada acara-acara tertentu. Biasakan juga melepas jam tangan jika akan ke kamar mandi atau ketika akan mencuci tangan. Kulit tali arloji yang sering terkena air akan membuat kulit semakin kaku sehingga tidak nyaman ketika digunakan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *