Mengapa Bape Shark Dibandrol Dengan Harga Fantastis

Bape Shark adalah brand yang didirikan oleh Nigo pada tahun 1993 silan di Tokyo Jepang yang ksusus memproduksi pakaian dan aksespris kasual bergaya streetwear hip hop. brand ini juga menjadi salah satu merek pakaian yang paling terkenal di dunia denga harga yang cukup tinggi dan sering dikenakan oleh selebritis-selebritis dunia seperti Pharrel, Kanye West, Linkin Park, Chris Brown, Soulja Boy dan masih banyak lagi. Popularitas brand ini semakin meroket sejak 2016 lalu ketika  berkolaborasi dengan Adidas dan Mastermid Japan. Lantas kira-kira apa ya yang membuat brand internasional ini begitu mahal? Ini dia alasannya;

Mengapa Bape Shark Dibandrol Dengan Harga Fantastis

  • Mematok harga dengan metode standarisai “keystone markup”

Apa itu keystone markup? Yaitu mematok harga produk dengan melipat gandakan biaya produksi yang bisa mencapai 50% hingga 100%. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk mencari keuntungan saja, tetapi juga metode yang dianggap paling mudah ketika mematok harga suatu produk, sehingga bisa berlaku secara universal di berbagai tempat.

  • Menerapkan dua tahap, yaitu brand dan retailer

Pada Industri fashion seperti Bape Shark, secara umum dibagi menjadi dua segmen yaitu brand dan retailer. Jika brand lebih berfokus pada produksi dan desain, sedangkan retailer lebih ke mengelola persediaan produk yang akan dijual ke konsumen. Nah sebelum suatu produk sampai ke tangan konsumen, brand terlebih dahulu menjual ke retailer dengan menaikkan harga sebesar dua kali lipat bahkan bisa lebih. Setelah retailer mendpatkan produknya, maka dia juga akan meninggikan harganya beberapa kali lipat sebelum dipasarkan ke konsumen.

Baca juga: Simak Ulasan Tentang Sejarah Louis Vuitton yang Telah Sukses

  • Mahalnya bahan mentah dengan kualitas terbaik

Barang branded tentunya dibuat dengan bahan premium yang  berkualitas tinggi dan tak sembarang pilih serta akan terasa nyaman ketika dipakai,  sehingga barang-barang tersebut kerap dipatok dengan harga mahal untuk menutup biaya produksi. Selain itu desain yang menarik karya desainer dunia yang dirancang eksklusif dengan ketelitian tinggi dan jahitan yang rapi menjadikan barang ini sangat berkualitas.

  • Logo Brand dan reputasi

Dalam membangun dan merintis  suatu brand yang bisa terkenal  serta dapat diterima oleh masyarakat dunia seperti Bape Shark merupakan suatu hal yang tidak mudah, telah banyak rintangan dan pengalaman yang dilalui oleh pendiri sehingga untuk membayar itu semua dibutuhkan harga yang tidak murah.

  • Barang limited edition dan didesain khusus

Biasanya brand ini akan memproduksi barang dengan satu desain satu kali rilis dan tidak akan diproduksi lagi di lain waktu sehingga jumlah ketersediaannya begitu terbatas. Dan hal ini jelas akan menciptakan kesan ekskluif pada barang tersebut.

Itulah kira-kira penjelasan mengapa produk Bape Shark dibandrol dengan harga yang terbilang fantastis. Biasanya orang-orang yang memakai item fashion  dari brand ini akan dianggap lebih mewah dan berstatus sosial tinggi. Apakah kamu tertarik membeli?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *