Membersihkan Sepatu Berbahan Kanvas, Ini Caranya!

Selain high heels, masih banyak model sepatu wanita lainnya. Salah satunya sneakers berbahan kanvas. Model-model sepatu kanvas yang lebih santai memungkinkan sepatu ini lebih sering dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

Sepatu kanvas juga menjadi pilihan terbaik untuk digunakan pada kegiatan di luar ruangan. Saking seringnya digunakan untuk menemanimu dalam beraktivitas, sepatu kanvas  menjadi rentan kotor. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mencucinya secara rutin agar sepatu kanvasmu kembali bersih.

 

Sikat sepatu terlebih dahulu sebelum menyabuninya

Saat mencuci sepatu kanvas, jangan langsung membalurinya dengan sabun atau detergen. Pertama-tama, kamu harus menghilangkan kerak noda yang melekat di seluruh permukaan sepatumu. Cara menghilangkan kerak tersebut, kamu harus menyikatnya menggunakan sikat yang memiliki bulu halus.  Sikat berbahan lembut ini diperlukan agar permukaan sepatu kesayanganmu tidak mengelupas.

Sikat gigi yang sudah tidak terpakai juga bisa menjadi salah satu pilihan yang paling mudah untuk membersihkan sepatumu.

Gunakan deterjen atau sabun cuci piring

Setelah memastikan seluruh permukaan sepatu bebas dari kerak noda, berikutnya kamu bisa mencuci sepatu kanvasmu menggunakan deterjen atau sabun cuci piring. Jika sepatumu benar-benar kotor, kamu bisa menggunakan detergen untuk mencucinya. Mencuci sepatu dengan deterjen akan memudahkan sisa noda yang melekat di sepatumu menghilang.

Namun, apabila sepatumu tidak terlalu kotor, kamu hanya perlu mencucinya dengan sabun cuci piring. Sabun cuci piring dianggap lebih ringan sehingga tidak akan membuat warna sepatumu menjadi luntur.

 

Cucilah sepatu kanvas dengan gerakan memutar

Dalam mencuci sepatu kanvas, kamu tidak boleh sembarangan melakukannya. Sebenarnya ada trik jitu yang bisa kamu terapkan untuk mencuci sepatumu ini, lho!

Agar pekerjaanmu lebih cepat selesai, sikat sepatumu dengan gerakan memutar. Gerakan ini dianggap lebih efektif untuk membersihkan noda-noda pada sepatu agar noda terangkat secara menyeluruh. Menyikat sepatu dengan gerakan memutar juga lebih aman untuk mencegah kulit sepatumu agar tidak tercabut.

Pastikan juga bahwa setiap bagian tersikat dengan baik supaya sepatumu tetap terawat dan selalu terlihat seperti sepatu baru. Dengan cara seperti ini, sepatumu juga akan terlihat lebih kinclong.

 

Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam sepatu!

Pada umumnya, orang hanya akan fokus membersihkan bagian atas sepatu saja. Banyak yang suka melewatkan bagian alas kaki ini untuk dibersihkan. Nah, sebaiknya kamu membersihkan juga bagian alas kaki tersebut. Bagian dalam sepatu yang kotor dan tidak pernah tersentuh air cucian ini akan membuatmu menjadi tidak nyaman ketika memakainya.

Bagian dalam sepatu yang kotor juga akan menimbulkan banyak bakteri yang menyebabkan bau kaki. Pastinya kamu tidak mau hal itu terjadi, bukan?

 

Jangan Lupa Bersihkan Bagian Sol

Jika kamu sudah selesai menyikatnya, bilas sepatu menggunakan air bersih. Tapi ingat, jangan merendam sepatu ke dalam air. Selanjutnya, masukkan gumpalan kertas koran dan jemur sepatu di tempat yang sejuk.

Selain bagian atas sepatu, kamu juga harus memperhatikan kebersihan sol sepatu. Cuci bagian sol dengan menyikatnya menggunakan sikat berbulu halus agar warna sol tetap cerah dan bersih.

Bagian sol yang tidak dibersihkan akan menguning dan akhirnya membuat tampilan sepatumu menjadi jelek. Pastinya kamu tidak mau kan hal itu terjadi? Untuk itu, kamu harus membersihkan bagian sol sepatunya juga.

Membersihkan sol sepatu tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu membersihkan bagian yang kotor, dengan menyikatnya menggunakan sikat berbulu halus dan air deterjen. Sikatlah sepatu dengan perlahan agar lem dari sol sepatu tidak cepat rusak.

Jika sudah bersih, kamu bisa mengelapnya menggunakan kain basah. Percaya deh, kalau kamu rajin membersihkannya secara rutin, sol sepatu kesayanganmu tidak akan menguning.

 

Bagaimana? Mudah kan membersihkan sepatu?

 

Sumber gambar: hipwee.com

Sumber: https://review.bukalapak.com/fashion/trendy-7-jenis-sepatu-wanita-ini-wajib-dikoleksi-21304

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *