Kumismu Tipis? Simak Cara Menumbuhkan Kumis dengan Minyak Kemiri Berikut Ini!

Kumis atau jambang merupakan aksen maskulin yang harus ada pada wajah seorang pria. Akan tetapi bagaimana dengan para pria yang hanya memiliki kumis tipis atau bahkan tak memiliki kumis sama sekali? Tentunya beragam cara akan dilakukan seorang pria agar kumis atau jambang dapat tumbuh lebat di wajahnya. Saat ini, masyarakat banyak menggunakan bahan alami untuk melakukan perawatan tubuh. Selain karena mudah ditemukan dan dapat ditanam sendiri, bahan alami juga tidak menimbulkan efek samping pada tubuh seperti yang diperoleh pada bahan kimia apabila menggunakan suatu produk. Tak terkecuali untuk menumbuhkan kumis atau jambang, bahan alami juga dapat digunakan dalam rangka mnghasilkan kumis atau jambang yang lebat di wajah penggunanya. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menumbuhkan kumis atau jambang adalah kemiri. Ya, tanaman dengan nama latin aleurites moluccanus ini memiliki banyak khasiat yang berhubungan dengan pertumbuhan bulu dan rambut. Penasaran dengan bagaimana cara menumbuhkan jambang menggunakan bahan alami ini? Berikut ulasannya!

  1. Cara membuat minyak kemiri dengan diperas

Selain dikenal sebagai bumbu dapur, kemiri juga merupakan bahan alami yang dikenal dapat menyuburkan serta menumbuhkan bulu dan rambut. Selain itu, kemiri juga dapat mencegah dan menghilangkan ketombe, mencegah terjadinya rambut rontok, menumbuhkan alis, kumis atau jambang, serta jenggot. Adapun untuk pengaplikasiannya, kamu haruslah membuat minyak kemiri terlebih dahulu.

Cara menumbuhkan kumis dengan kemiri yang pertama adalah dengan cara diperas. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, siapkan 5 hingga 10 butir biji kemiri lalu cuci menggunakan air mengalir, dan siapkan setengah gelas air putih matang.
  • Selanjutnya, parut atau blender biji kemiri tersebut sembari sedikit demi sedikit ditambahkan air.
  • Setelah biji kemiri tersebut halus, peras hasil parutan atau blenderan tersebut menggunakan kain bersih lalu sisihkan.
  • Diamkan perasan biji kemiri tersebut di tempat tertutup selama kurang lebih sehari semalam hingga minyaknya keluar.
  • Minyak biji kemiri pun siap digunakan.

Adapun kelebihan dari membuat minyak kemiri dengan cara diperas ini antara lain adalah cara pembuatannya yang mudah sehingga memungkinkan para pria pun bisa melakukannya, hasilnya bening dan memiliki aroma sedap seperti aroma kemiri goreng, dan terakhir karena hasilnya adalah minyak berwarna bening, maka tidak akan meninggalkan bekas atau residu kemiri pada bagian kumis atau jambang saat telah selesai digunakan. Bagaimana? Mudah bukan?

  1. Dengan membuat minyak kemiri dengan dibakar

Cara menumbuhkan brewok dengan kemiri yang kedua adalah dengan cara dibakar. Apabila kamu menggunakan cara menumbuhkan kumis dengan kemiri yang dibuat dengan proses dibakar, maka kamu akan mendapatkan minyak kemiri yang berwarna hitam. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama siapkan 5 hingga 10 butir biji kemiri yang telah dicuci bersih terlebih dahulu.
  • Bakar biji kemiri tersebut hingga gosong atau kehitaman.
  • Lalu parut atau blender biji kemiri tersebut sembari ditambahkan sedikit air hingga bertekstur halus.
  • Setelah halus dan minyaknya keluar, minyak kemiri pun siap untuk digunakan.

Adapun kelebihan dari membuat minyak kemiri yang dibuat dengan cara dibakar ini antara lain adalah tidak menimbulkan alergi bahkan untuk pemakaian pada kulit sensitif karena biji kemiri telah dibakar terlebih dahulu, serta memiliki ketahanan yang lebih lama apabila ingin disimpan untuk waktu yang lama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *