Aksesories

Kiat-kiat Mencuci Sepatu Kanvas

Memakai sepatu berbahan kanvas sudah menjadi tren belakangan ini. Bahan kanvas yang relatif ringan dibandingkan sepatu berbahan kulit, juga pilihan warna, kombinasi, dan motif yang sangat beragam dan ramai menjadi alasan mengapa sepatu dengan jenis ini digemari. Bahan kanvas yang sangat mudah diwarnai membuat corak sepatu menjadi lebih beragam. Namun, sepatu berbahan kanvas memiliki kelemahan yaitu cenderung lebih mudah kotor dibandingkan sepatu berbahan kulit. Noda yang melekat pada sepatu kanvas juga sulit dihilangkan. Selain itu, bahan kanvas sangat rentan menyerap air. Membersihkan sepatu berbahan kanvas memang relatif lebih sulit, selain karena gampang kotor, motif dan warna yang melekat pada sepatu kanvas juga sangat rentan memudar. Jika salah mencucinya, bukan hanya noda pada sepatu kita yang hilang, namun corak dan warna pada sepatu kita juga bisa hilang. Untuk itulah, mencuci sepatu kanvas diperlukan kiat-kiat khusus.

Untuk mencuci sepatu kanvas, kita perlu menyiapkan sikat dengan bulu-bulu yang lembut dan tipis (bahan yang sama dengan sikat gigi), shampoo, dan air hangat. Sikat dengan bulu-bulu yang tipis dan lembut akan membuat warna dan corak di sepatu tidak akan mudah memudar. Jika kita membersihkan kotoran yang melekat pada sepatu kanvas menggunakan sikat cuci yang kasar, maka bukan hanya warna sepatu yang akan memudar, namun hiasan seperti manik-manik kecil dan partikel hiasan lainnya yang biasanya ditempelkan ke sepatu kanvas untuk mempercantik tampilan sepatu akan lepas. Untuk itulah, menyikat noda atau kotoran dengan sikat yang berbulu halus dan lembut sangat dianjurkan.

Baca juga:  MEMILIH SEPATU BRANDED YANG AMAN DAN MENGUNTUNGKAN

Terdapat beberapa kiat membersihkan kotoran di sepatu kanvas:

Pertama, biarkan noda yang lengket di sepatu mengering terlebih dahulu. Misalnya, lumpur. Biarkan lumpur itu mengering terlebih dahulu. Jika kita memaksa menyikat lumpur di sepatu dalam keadaan masih basah, dikhawatirkan lumpur tersebut akan berfungsi sebagai deterjen. Sebagaimana kita ketahui, lumpur basah sering digunakan sebagai pembersih noda yang membandel, terutama pada masa ketika deterjen belum banyak digunakan. Maka cara paling efektif untuk membersihkan noda di sepatu kanvas adalah dengan mengeringkan noda tersebut terlebih dahulu.

Kedua, siapkan shampoo yang sudah dicampur dengan air hangat di dalam ember. Setelah air hangat tercampur rata dengan shampoo, masukkan sepatu kanvas tersebut ke dalam ember dan gosok-gosoklah noda itu dengan jari-jari kita. Sikat hanya kita gunakan apabila noda yang kita bersihkan dengan jari belum hilang. Biasanya, air hangat dan shampoo sangat efektid dalam menghilangkan noda di bahan kanvas, sebab kanvas memiliki serat yang tidak jauh berbeda dengan rambut.

Ketiga, jangan jemur sepatu kanvas yang sudah dicuci di bawah sinar matahari langsung. Sinar UV yang dirpoduksi matahari akan dapat menembus partikel-partikel dan lapisan luar kanvas sehingga bahan pewarna pada sepatu akan mudah mudar dan menguap. Cara yang paling dianjurkan adalah jemurlah sepatu yang sudah dicuci di tempat terbuka yang tidak terkena matahari langsung, terutama tempat yang sirkulasi udaranya bagus. Mengeringkan sepatu kanvas dengan cara diangin-anginkan sangatlah dianjurkan.

Itulah kiat-kiat mencuci sepatu kanvas. Cucilah sepatu kanvas secara rutin, terutama setelah digunakan di tempat dan jalanan yang kotor, agar sepatu kanvas kita lebih awet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *