Kenali Penyebab Bau Sepatu Beludru dan Cara Merawatnya dengan Tepat!

Sepatu merupakan alas kaki yang harus dimiliki setiap orang dalam menjalani aktivitasnya. Selain tersedia dalam berbagai macam model, sepatu kini juga tersedia dalam berbagai macam bahan pembuatnya. Salah satu bahan pembuat sepatu yang perlu perhatian ekstra adalah sepatu dengan bahan beludru. Jika kamu punya sepatu dengan bahan beludru, kamu harus memberikan perhatian lebih. Hal tersebut dikarenakan bahan beludru adalah bahan yang mudah kotor dan bau. Cara membersihkan sepatu beludru pun juga tak boleh sembarangan.

Tak perlu bingung, berikut adalah ulasan lengkapnya untukmu yang memiliki sepatu berbahan beludru!

  1. Hindari lumpur, air hujan, dan debu

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilik sepatu berbahan beludru harus tahu cara yang benar untuk membuat sepatu beludru bersih dan awet. Sepatu beludru merupakan sepatu yang dibuat untuk dipakai pada acara formal yang biasanya berada di tempat-tempat bersih. Oleh sebab itu sebisa mungkin kenakan sepatu beludru hanya untuk dalam ruangan, hal ini untuk menghindari sepatu dari terkena lumpur, air hujan, dan debu.

Adapun cara perawatan sepatu dengan bahan beludru yang utama adalah melindunginya dari kotoran berlebih. Pemilik sepatu dapat menyemprotkan produk pelindung beludru yang tersedia di toko sepatu yang berfungsi menangkal kotoran agar tidak menempel ke permukaan beludru.

Selain itu, perlakuan istimewa juga dilakukan untuk sepatu beludru dengan memasukkan kembali sepatu ke dalam kotaknya atau kantung sepatu ketika tidak digunakan. Hal ini untuk menghindari gesekan atau kotoran dari sepatu lain di rak sepatu.

  1. Sikat secara lembut

Karena bahan beludru merupakan bahan sepatu yang berasal dari anyaman benang yang rapat dan berserabut halus, maka cara mencucinya adalah dengan menggunakan bahan pembersih dan gerakan lembut. Adapun sikat yang dibeli merupakan sikat khusus beludru atau sikat gigi berbulu lembut untuk merontokkan debu dan kotoran, sedangkan untuk cairan pembersihnya adalah dengan menggunakan cairan khusus atau dapat juga mencampurkan sedikit sabun cuci piring cair di semangkuk air.

Hindari penggunaan cairan pembersih atau larutan sabun yang terlalu banyak karena hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan. Setelahnya, keringkan dengan angin-anginkan sepatu hingga kering atau dengan menggunakan kipas angin. Terakhir, rapihkan sepatu dengan sikat kering yang lembut, lalu oleskan produk pelindung khusus beludru sebelum disimpan kembali.

  1. Kenali penyebab bau pada sepatu beludru

Sebagus-bagusnya sepatu beludru, pasti terasa jelek bila sepatu tersebut bau. Oleh sebab itu pemilik sepatu berbahan ini harus jeli dan tahu penyebab bau sepatu dan cara untuk mengatasinya.

Adapun penyebab bau sepatu bahan beludru biasanya adalah penggunaan kaos kaki dan telapak kaki penggunanya yang lembab. Ya, kaos kaki yang notabenenya sebagai pelindung kaki akan menyebabkan bau tak sedap pada sepatu beludru apabila selama 10 jam tidak segera diganti.

Selain itu, telapak kaki yang lembab juga menjadi penyebab utama akan adanya bau tak sedap yang terjadi. Oleh sebab itu, jangan gunakan sepatu beludru saat kaki masih dalam kondisi basah, karena hal ini akan membuat sepatu lembab dan rentan akan timbulnya jamur.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab bau sepatu beludru dan cara yang tepat untuk menanganinya. Untuk ulasan yang lebih mendalam, kamu dapat baca selengkapnya di sini. Dan terakhir, upayakan untuk menjemur sepatu beludrumu selama 30 menit tiap pekan agar kuman-kumannya hilang. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *