Kelebihan Dan Manfaat Tas Ransel

Tas ransel tersedia dalam banyak ukuran, warna, bahan dan bentuk yang membantu anak-anak berbagai usia mengekspresikan gaya dan selera mereka. Dan, tas ransel apabila dikenakan dengan benar, sangat praktis juga bermanfaat. Tersedia bermacam-macam ransel yang memiliki banyak tempat penyimpanan barang yang dapat membantu anak untuk mengatur dengan rapi saat membawa peralatan tulis, buku pelajaran dan buku tulis dari rumah ke sekolah dan kembali ke rumah. Jika dibandingkan dengan pemakaian tas bahu atau tas tangan, pemakaian tas ransel lebih baik karena otot terkuat pada tubuhlah seperti otot punggung dan perut yang menahan beban pada ransel. Jika dikenakan dengan benar, beban pada ransel akan terdistribusi secara merata pada tubuh sehingga rasa sakit atau pegal pada bahu dan leher lebih jarang terjadi dibandingkan mereka yg biasa menggunakan tas koper atau tas tangan.

Walaupun tas ransel itu sangat praktis, jika tidak dikenakan secara benar atau bebannya berlebihan, dapat menyebabkan pegal otot dan sendi serta dapat mengakibatkan sakit punggung dan/atau pinggang. Meskipun ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sakit punggung dan pinggang seperti meningkatnya aktifitas olahraga atau fitness, postur tubuh yang salah saat duduk, dan diam tidak beraktifitas dalam waktu yang lama, beberapa anak mengalami sakit punggung atau pinggang karena mereka membawa banyak buku pelajaran, alat tulis dan berbagai perlengkapan lainnya di dalam ransel sepanjang hari. Sebagian besar dokter dan terapis fisik merekomendasikan agar anak-anak tidak membawa beban yang lebih besar dari 10% – 15% berat badannya.

Anak-anak yang mengenakan ransel pada satu bahunya saja, dapat mengakibatkan tubuhnya condong sebelah sebagai akibat adanya beban ekstra yang tidak merata. Mengenakan ransel dengan cara yang tidak benar juga dapat merusak postur tubuh. Perempuan dan anak yang masih kecil memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami gangguan atau rasa sakit dan pegal yang disebabkan oleh tas ransel karena ukuran tubuhnya yang lebih kecil, dan karena membawa beban yang jauh lebih berat dibandingkan berat badannya. Tas ransel dengan tali bahu yang ketat dan kurang lebar dapat menekan bahu sehingga mengganggu pembuluh darah dan sirkulasi darah. Tipe tali bahu yang seperti ini dapat menyebabkan rasa kesemutan, nyeri dan mati rasa pada lengan dan tangan.

Disamping berbagai risiko yang dapat diakibatkannya, tas ransel sangat bermanfaat bagi anak jika dikenakan dengan benar. Tapi sebelum anda membelikan tas ransel trendy baru itu yang selama ini diminta oleh anak anda, pertimbangkan terlebih dahulu bentuk dan konstruksinya. Perhatikan hal-hal sebagai berikut saat memilih tas ransel yang tepat :

  1. Tas ransel berbahan ringan yang tidak menambah berat beban anak (misalnya, meskipun tas ransel berbahan kulit terlihat keren, tetapi mereka lebih berat daripada tas ransel yang berbahan kanvas seperti biasanya).
  2. Dua tali bahu yang lebar dan empuk. Tali bahu yang kecil dapat menekan bahu.
  3. Tas ransel dengan bagian belakang yang empuk tidak hanya memberikan kenyamanan lebih, tetapi juga melindungi anak dari kemungkinan tertusuk bagian tajam dari barang bawaan (pensil, penggaris, buku, dll) yang ada di dalam tas ransel.
  4. Ada ikatan di bagian pinggang yang dapat membantu mendistribusikan beban secara merata keseluruh bagian tubuh.
  5. Tersedia beberapa tempat penyimpanan barang, yang dapat membantu mendistribusikan beban bawaan secara merata.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *