Karakteristik Berbagai Jenis Bahan Baju

bahan kain - fashionities

Membuat sendiri baju tentu saja dibutuhkan pengenalan berbagai jenis bahan yang akan digunakan. Dengan demikian Anda akan lebih mudah mengetahui mengenai kemungkinan dalam memilih jenis bahan yang nyaman saat digunakan. Ada banyak sekali jenis bahan yang digunakan untuk penjahit namun tentu saja hanya sedikit orang yang mengetahui mengenai karakteristik dari setiap jenisnya. Untuk itu hendaknya Anda harus mengingat mengenai karakter ini dan gunakan yang menurut selera masing-masing. Sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan secara lebih maksimal. Ada baiknya apabila Anda mulai mengenal karakteristik berbagai jenis bahan baju yang akan dijelaskan seperti yang ada di bawah ini:

  1. Rayon, jenis bahan rayon ini memang sering kali digunakan untuk membuat baju. Karakteristik jenis bahan ini adalah sangat nyaman saat digunakan. Sehingga apabila cuaca yang dirasakan sedang dalam keadaan panas tentu saja akan terasa dingin ketika menggunakannya. Sedikit informasi untuk Anda bahwa jenis bahan ini sangat cocok digunakan untuk keperluan setiap harinya. Akan tetapi yang harus diingat adalah jenis bahan yang demikian akan dirasakan mudah luntur dan kusut. Selain itu menimbulkan bau tak sedap akibat kemudahan dalam menyerap keringat. Untuk itu ada baiknya apabila hindari menggunakannya dalam waktu yang lama.
  2. Sutera, bahan untuk pakaian yang satu ini memang serat kain alami dari ulat sutera. Jenis bahan yang sangat halus dan terasa lembut saat digunakan. Sehingga akan lebih nyaman untuk dikenakan. Terlebih apabila acara pesta yang umumnya terasa sangat panas terutama apabila dijalani pada saat siang hari. Dengan jenis bahan ini akan mudah meredam rasa panas. Namun yang harus diperhatikan dalam pemakaian bahan ini memiliki kekurangannya seperti mudah kusut dan luntur. Sehingga membutuhkan perawatan yang benar agar tahan lama.
  3. Katun, untuk membuat jenis pakaian yang digunakan setiap hari bahan baju seperti katun. Menggunakan bahan ini menjadi primadona dalam membuat baju. Hal ini karena karakteristik jenis baju tersebut adalah menyerap keringat, bahan serat alami, tidak panas, terasa dingin saat menggunakannya dan mudah untuk perawatannya. Namun hendaknya apabila Anda menggunakan jenis bahan ini pastikan bahwa saat mencucinya dibawah sinar matahari yang terik agar cepat kering.
  4. Polyster, menggunakan jenis bahan ini memang lebih mudah digunakan dalam kondisi apapun. Hal ini karena karakteristik bahan seperti ini akan mudah dalam perawatannya. Namun kekurangannya akan sangat sulit menyerap keringat. Sehingga apabila dalam kondisi panas bisa saja menjadi penyebab keringat berlebih dan bau badan. Untuk itu pastikan bahwa Anda menggunakan jenis bahan ini memang hanya digunakan pada saat kondisi malam hari.
  5. Spandex, bahan ini memang mampu dalam menyerap keringat. Karakteristik inilah yang membuat jenis bahan spandex juga digunakan untuk bahan dalam membuat daster atau pun gamis. Tentu saja akan sangat mendukung dalam cuaca sedang panas dan memiliki keringat berlebih. Namun bahan ini apabila Anda tidak mencucinya tentu saja akan menjadi lebih cepat melar. Hal ini karena jenis bahan yang elastis sehingga akan lebih baik apabila Anda mencucinya menggunakan tangan.
  6. Kaos, bahan pakaian yang tak kalah nyaman dengan katun dan spandex adalah kaos. Jenis bahan ini mudah menyerap keringat dan dapat digunakan setiap hari. Sehingga saat berada dalam kondisi panas akan dengan mudah dinetralisir hawa yang membuat Anda tidak nyaman. Akan tetapi kelemahannya adalah mudahnya bahan baju ini melar apabila pada proses pencucian dan penjemuran terjadi kesalahan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *