JENIS-JENIS ROK MUSLIMAH

Bicara mengenai rok, sama artinya kita bicara tentang wanita feminine. Karena memang wanita feminine yang akan memakai jenis pakaian satu ini. Masalahnya kalau bicara secara umum, rok mempunyai banyak jenis. Mau yang tertutup semua, ada. Yang punya belahan di samping atau di depan juga, ada. Dengan ukuran panjang dan pendek ada juga. Tapi kalau bicara jenis-jenis rok muslimah, nggak bisa memasukkan semua jenis rok yang tersebut itu.

Jenis-jenis rok muslimah sangat benar-benar harus masuk dalam koridor aturan di Islam. Harus longgar, nggak boleh tranparan, dan menutup semua bagian. Selama rok-rok bisa memenuhi persyaratan itu, dengan sendirinya rok tersebut bisa dikategorikan sebagai rok muslimah. Mudah, bukan? Iya, dong! Karena memang rok-rok seperti itu banyak sekali dijual. Mulai dari harga murah, menengah, sampai harga paling mahal. Tentu harga-harga ini tergantung dengan bahan dan kwalitas jahitannya.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai jenis-jenis rok muslimah, di bawah ini terdapat 3 jenis rok yang akan dikupas lebih jauh.

  • Rok jins

Jenis rok satu ini masuk dalam kategori rok casual yang bisa dikenakan wanita muslimah. Awal bentuk bahan jins ini adalah model oll over celana yang kemudian menjadi model celana saja. Pada perkembangannya, bahan ini juga digunaka untuk pakaian yang lainnya, seperti; celana pendek, kemeja, rok mini,  rok panjang, dan gamis.

Untuk wanita muslimah feminine yang ingin terlihat casual, tapi tidak terlalu menyukai gamis, pilihan rok jins ini tampak sangat tepat. Warnanya beragam, tapi kebanyakan diproduksi adalah warna biru, abu-abu, dan hitam. Bahannya ada yang lemas, kaku, maupun memiliki serat karet.

Aksen dari rok jins pun beragam. Ada yang hanya punya tali serut di bagian pinggang. Ada yang memiliki kantong. Ada yang bermotif seluruh roknya sendiri. Tinggal Anda suka yang seperti apa, gunakan dengan atasan kaos atau tunik serta balutan hijab. Maka Anda sudah memakai busana muslim casual.

  • Rok stelan

Jenis ini bisa dari bahan apapun, tapi memang biasanya bahan-bahan untuk pakaian stelan dibuat dari katun, padanan spandek dan brukat, atau beberapa bahan lainnya. Modelnya pun dibuat hanya polos saja atau dengan aplikasi lain. Yang terpenting dari stelan ini, bahwa ada corak atau warna sama yang terdapat pada atasan atau bawahan. Karena itulah, maka pakaian itu disebut sebagai stelan.  

Dalam dunia fashion muslim sekarang, pakaian stelan sudah banyak sekali diproduksi dan menjadi alternatif pakaian pilihan. Biasanya remaja-remaja yang ingin tampil feminine senang dengan rok stelan muslim.

  • Rok celana

Rok ini baru dikenal lebih luas sekarang ini. Rok yang ketika dilihat dari depan seperti rok sungguhan, tapi ternyata dari belakang baru terlihat sebagai celana kulot. Pilihan rok semacam ini digemari muslimah muda yang memiliki banyak aktivitas. Memudahkan mereka juga saat mengendarai sepeda motor.

Apakah di antara jenis-jenis rok muslimah di atas, Anda memiliki salah satunya? Atau mungkin Anda malah memiliki jenis rok muslimah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *