Jenis Bahan Kebaya yang Bagus

fashionities-com-bahan-kebaya

Kebaya sekarang ini sudah menjadi hits di segala kalangan. Bahkan sekarang ini saja, kebaya tidak hanya menjadi pakaian yang dikenakan untuk acara pesta saja. Akan tetapi juga sering dikenakan untuk acara formal ataupun acara casual biasa. Desain kebaya sekarang ini juga lebih modern dan tidak kuno. Membicarakan kebaya tentu saja tak lengkap jika Anda tak membicarakan tentang bahan pembuatannya juga. Mungkin beberapa dari Anda berfikir jika brokat merupakan bahan kebaya yang paling sering digunakan. Padahal ternyata ada bahan lain juga yang bagus dijadikan sebagai kebaya. Apa sajakah itu?

Organdi

Organdi atau sering juga dikenal dengan kain organza adalah salah satu bahan yang sering dipakai untuk membuat kebaya. Kain ini memang tidak terlalu tebal bahkan cenderung tipis. Selain itu teksturnya juga licin. Akan tetapi kelebihannya adalah kain organdi ini mampu menciptakan kesan mewah jika Anda mengaplikasikannya pada kebaya. Biasanya kain organdi dipakai sebagai atasan kebaya atau hanya sebagai aksen pada kebaya.

Tule

Tule memiliki tekstur yang hampir sama dengan organdi. Hanya saja tule justru lebih lembut dan tidak licin. Ada beberapa jenis kain tule yang bisa dijadikan sebagai bahan kebaya bagi Anda. Pertama adalah tule yang polos dan kedua adalah tule dengan taburan marmer. Tule memang tidak dijadikan sebagai bahan utama ketika akan menjahit kebaya. Sebab biasanya tule hanya dijadikan sebagai aksen ataupun obi. Karena lentur, kebaya yang terbuat dari tule juga mudah menciptakan kesan tubuh langsing.

Satin

Satin sering dijadikan sebagai bahan pokok dalam membuat kebaya. Ini karena ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kain satin. Antara lain:

  • Satin memiliki kesan yang mengkilap. Sehingga membuat pemakainya memiliki kesan yang mewah.
  • Satin juga lentur sehingga mudah dibentuk dan dijahit.
  • Kain satin ketika dikenakan juga menciptakan kesan yang dingin. Jadi tetap nyaman dikenakan seharian.
  • Biasanya agar lebih cantik, satin juga dibubuhi dengan beberapa aksen brokat ataupun hiasan lainnya.

Baca juga:  Mengenal Bahan Baju Saat Berbelanja Online

Katun

Katun memang kain yang kurang umum jika dijadikan sebagai sebuah kebaya. Akan tetapi sekarang ini sudah semakin banyak muncul kebaya yang terbuat dari bahan katun. Beberapa kelebihan jika Anda menggunakan katun sebagai bahan untuk membuat kebaya adalah sebagai berikut:

  • Kainnya terasa lebih nyaman dan mudah sekali menyerap keringat.
  • Motif katun juga beragam dan tentunya bisa disesuaikan dengan selera.
  • Katun bisa dijadikan sebagai atasan kebaya dan bisa juga dijadikan sebagai bawahan kebaya.
  • Mendesain kebaya menggunakan katun juga jauh lebih mudah dibandingkan dengan bahan yang lainnya.
  • Tapi sayangnya, katun hanya cocok dijadikan sebagai kebaya dengan motif kutu baru saja. Untuk menambah kesan mewahnya, Anda bisa menambahkan beberapa akses brokat pada kain katun.

Itulah beberapa bahan kebaya yang bagus dan sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan. Supaya kebaya tetap nyaman untuk Anda kenakan, ada beberapa hal yang mestinya dipertimbangkan. Antara lain:

  • Pastikan bahan yang Anda pilih nyaman untuk dikenakan.
  • Pemilihan warna juga sangat penting ketika membeli kain kebaya. Akan tetapi pastikan warna tersebut sesuai dengan kulit Anda.
  • Jika untuk menghadiri acara pesta atau acara formal, maka disarankan untuk memilih bahan khusus kebaya dari satin ataupun organdi.
  • Tapi apabila Anda hanya ingin menghadiri acara yang biasa saja, sebaiknya kenakan saja kebaya yang berbahan dasar katun dan desainlah kain tersebut menjadi kutu baru.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *