Inilah Beberapa Kain yang Digunakan untuk Kaos Syar’i Jersey yang Harus Diketahui

Kain merupakan bahan baku untuk membuat baju dan salah satunya adalah kaos syar’i. Jenis kaos ini punya ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jenis yang lainnya dan umumnya memiliki panjang hingga menutupi bagian pantat. Ada beragam bahan yang dipergunakan untuk membuat jenis kaos tersebut dan salah satunya adalah jenis jersey. Bahan ini umumnya dipergunakan untuk membuat baju olahraga sehingga tidak heran jika saat mengenakannya, akan terasa lebih dingin atau adem.

Inilah Beberapa Kain yang Digunakan untuk Kaos Syar’i Jersey yang Harus Diketahui

Berdasarkan pada jenisnya, berikut merupakan bahan yang bisa dipergunakan untuk membuat kaos yang syar’i. Pertama adalah bahan dry-fit Grade Ori atau dry-fit yang merupakan harga bahan jersey paling mahal. Jenis bahan ini digunakan oleh produsen baju olahraga branded karena memiliki bahan halus, elastis, berpori dan berserat sehingga nyaman digunakan dan tidak panas ataupun lembab. Bahan yang cepat kering ini terbuat dari perpaduan polyster dan spandek kualitas tinggi. Kaos yang terbuat dari bahan dry fit jersey ini tidak boleh disetrika dengan suhu yang terlalu panas.

Kedua adalah dry-fit local. Kaos syar’i dengan bahan ini memiliki permukaan yang sama dengan kaos dari dry-fit grade ori. Bedanya adalah kandungan atau bahan pembuatannya. Jika yang grade ori menggunakan 30-40% polyster maka dry-fit local menggunakan 60% polyster sehingga memiliki harga yang lebih terjangkau. Namun, kaos yang terbuat ini tetap elastis, nyaman digunakan dan baju cepat kering karena adanya pori yang membantu sirkulasi udara sehingga adem saat digunakan.

Ketiga adalah jersey wafer yang memiliki pori seperti biscuit wafer. Kain ini memiliki tekstur yang lembut dan pori sehingga mempunyai sirkulasi udara yang baik dan nyaman digunakan. Keempat adalah hyget salur dengan daya serap yang tinggi. Tekstur yang memiliki ciri khas garis lurus beraturan atau salur ini, tidak mudah kusut. Bahan jersey ini direkomendasikan untuk digunakan untuk membuat kaos bola, futsal, basket atau pakaian bersepeda.

Baca juga: Cara Mudah Memulai Bisnis Kaos Syar’i bagi Pemula

Jenis bahan yang lainnya yang digunakan untuk membuat kaos syar’i, adalah:

  • Hyget serena memiliki tekstur lembut, rata, elastis. Jersey ini cocok untuk kaos olahraga dengan model body fit dan disablon dibandingkan di bordir. Sayangnya, bahan ini relatif tipis, panas, kurang bisa untuk menyerap keringat. Namun, kaos dengan bahan jersey ini tidak memiliki perawatan khusus sehingga Anda lebih mudah untuk mencucinya.
  • Paragon memiliki bahan yang panas karena tidak memiliki pori untuk sirkulasi udara namun merupakan salah satu bahan yang paling kuat. Bahan yang lebih cocok diaplikasikan dengan cara disablon atau di bordir ini memiliki sifat yang lentur dan bisa mengikuti pergerakan tubuh ketika kaos dari paragon dikenakan.
  • Jersey serlu atau scarlet adalah yang paling murah di pasaran karena memiliki kualitas rendah, kain kasar, serat tidak rapi dan renggang.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *