Inilah Beberapa Jenis Pakaian yang Cocok Dibuat dengan Kain Sutra

Ada banyak jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian. Salah satu yang paling terkenal adalah kain sutra yang terbuat dari larva ulat murbei. Serat larva ini bisa menghasilkan kain yang memiliki karakteristik halus, licin serta mengkilap yang disebut sutra. Harga kain jenis ini juga dikenal lebih mahal dibandingkan jenis lainnya karena memiliki kesan glamour. Dengan karakteristiknya tersebut, kain ini akan memberikan kenyamanan saat digunakan untuk membuat pakaian atau produk tekstil lainnya. Sutra akan membuat kulit yang dibungkusnya selalu terasa dingin atau sejuk dibandingkan jenis kain lainnya.

Inilah Beberapa Jenis Pakaian yang Cocok Dibuat dengan Kain Sutra

Berbagai jenis sutra dijual bebas dipasaran. Anda bisa menemukannya dengan berbagai varian warna. Ada sutra yang mengkilap saja namun ada juga sutra yang memiliki guratan khas sesuai dengan pengerajinnya. Dari berbagai jenis sutra, berikut ini adalah beberapa model pakaian yang pas jika dibuat menggunakan kain dari larva ulat murbei tersebut:

  • Gaun pengantin.

Gaun pengantin merupakan satu jenis pakaian yang sering menggunakan kain ini sebagai bahannya. Meski bukan sebagai satu-satunya bahan yang digunakan, namun sutra selalu menjadi pilihan favorit untuk bagian gaun agar memberikan kesan mengkilap. Warna favorit untuk gaun pengantin biasanya adalah putih, namun kini banyak juga warna lain yang digunakan seperti biru, maroon atau cream.

  • Batik sarimbit.

Baju bertema pesta lainnya yang sering dibuat dari bahan kain sutra adalah batik sarimbit. Untuk pria, kemeja dari batik berbahan sutra akan memberikan rasa sejuk meski digunakan di siang hari. Sedangkan untuk wanita sutra bermotif batik juga pas untuk bahan rok batik bawahan ataupun hem atasan. Dengan sarimbit dari kain ini, Anda berdua akan lebih terlihat menonjol dibandingkan menggunakan bahan kain lainnya untuk menghadiri resepsi pernikahan.

  • Busana muslim.

Busana muslim seperti gamis juga kerap dibuat dari sutra untuk memberikan rasa sejuk bagi penggunaannya. Gamis yang panjang dan tertutup akan menjadikan badan lebih mudah merasa gerah jika dibuat dari bahan tebal. Gamis sutra bisa juga Anda gunakan sebagai busana pesta dengan paduan hijab yang sesuai.

 

  • Mini dress.

Dress dengan bagian bawah pendek hingga betis juga merupakan jenis pakaian untuk wanita yang pas jika dibuat dengan bahan sutra. Berikan kombinasi kain bermotif untuk bagian tepinya sehingga mini dress Anda lebih berwarna.

Baca juga: Merawat Kain Sutra Agar Tetap Berkualitas

Jika Anda memiliki bahan kain sutra, Anda bisa memilih dari jenis-jenis pakaian di atas mana yang akan dibuat. Selain untuk busana pesta, sebenarnya kain ini juga bisa dibuat untuk pakaian sehari-hari karena memiliki sifat yang nyaman untuk digunakan. Pilihlah warna dan motif yang sesuai untuk jenis pakaian yang akan dibuat, jika perlu tambahkan kain lain seperti kain tile atau luring untuk bagian dalam agar lebih sempurna.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *