Ingin Kebaya Kesayangan Anda Tetap Awet? Hindari Cara Perawatan yang Salah Ini!

Sebagai seorang wanita kecantikan itu bukan hanya dilihat dari paras wajahnya saja tetapi juga pemilihan pakaian, model sampai dengan kerapiannya. Tidak heran jika setiap perempuan selalu ingin tampil cantik dengan memilih busana yang tepat. Bukan selalu mengenakan pakaian baru, yang paling penting adalah masih tetap layak digunakan. Namun untuk melakukan perawatan supaya pakaian lebih awet bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi untuk jenis kebaya dengan motif ataupun pernak-pernik yang cukup ramai.

Ingin Kebaya Kesayangan Anda Tetap Awet? Hindari Cara Perawatan yang Salah Ini!

Pakaian yang sering digunakan oleh wanita untuk kondangan, wisuda, tunangan, pernikahan ataupun acara penting lainnya sebenarnya banyak model. Tetapi entah kenapa model pakaian warisan nenek moyang dengan menggunakan kain sebagai bawahan lebih banyak diminati. Meskipun merupakan tren pakaian kuno, tetapi seiring perkembangan waktu juga mengalami perubahan modelnya. Nah, jika Anda mempunyai satu jenis pakaian kesayangan tersebut dan ingin membuatnya tetap awet jangan lakukan beberapa kesalahan perawatan berikut ini:

  • Jangan menggunakan mesin cuci.

Munculnya mesin yang membantu para ibu rumah tangga untuk mencuci memang sangat menguntungkan sekali. Tetapi yang perlu dipahami adalah tidak semua jenis pakaian bisa dicuci menggunakan mesin tersebut. Seperti halnya pakaian kondangan yang berpayet ataupun bermotif cantik pasti kemungkinan mengalami kerusakan akan lebih besar.

  • Jangan rendam terlalu lama.

Tidak sedikit masyarakat yang terbiasa merendam pakaian mereka akibat noda membandel ataupun kotoran lain. Tetapi sama dengan sebelumnya, tidak semua jenis bahan pakaian bisa Anda rawat atau cuci dengan cara merendam tersebut. Tidak terkecuali jenis kebaya kesayangan Anda. Jangan biasakan merendam, maksimal perendaman dilakukan selama 5 menit saja.

Baca juga: Jenis Bahan Kebaya yang Bagus

  • Jangan gunakan sikat.

Meskipun tidak bisa menggunakan mesin cuci bukan berarti Anda bisa mencuci pakaian wanita tersebut dengan cara menyikat. Padahal seperti yang diketahui bahwa umumnya bahan yang digunakan seperti brokat yang sangat riskan sekali jika menggunakan sikat. Cukup kucek sebentar dan bersihkan dengan air mengalir.

  • Jangan gunakan pelembut.

Setelah mencuci bersih umumnya orang-orang menggunakan softener untuk membuat pakaian lebih lembut. Hal itu sah-sah saja tetapi tidak untuk beberapa jenis bahan pakaian, hal ini dikarenakan bisa merusak serat dari kain tersebut.

  • Jangan peras.

Air yang menyerap pada pakaian saat mencuci itu sudah umum, untuk menghilangkan hal itu sering dilakukan pemerasan. Tetapi untuk jenis pakaian wanita yang satu ini tidak disarankan untuk diperas.

Diatas hanyalah sedikit kesalahan yang masih sering dilakukan oleh masyarakat ketika mencuci pakaian kondangan kesayangan. Selain dari pencucian, perawatan lainnya untuk menjaga kondisi kebaya kesayangan adalah dengan tidak menjemur pada sinar matahari secara langsung serta dalam waktu lama. Karena jika hal itu dilakukan secara otomatis akan memudahkan warna yang ada pada kain memudar. Itulah sedikit tips perawatan pakaian, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *