Cara Memilih Baju Koko yang Nyaman Digunakan

Baju koko atau nama lainnya di Indonesia adalah baju takwa, identik dengan pakaian keagamaan. Baju ini sering digunakan para kaum adam untuk beribadah. Bahkan tak jarang baju ini juga dipakai saat menghadiri acara-acara besar seperti pernikahan, pagelaran, atau sekedar janji temu. Membeli baju ini saat ini pun tidak lagi hanya pada saat Ramadhan atau menjelang lebaran tiba, melainkan pada hari-hari biasa juga banyak peminatnya.

Namun memilih baju inisebaiknya tidak asal-asalan. Harga baju ini yang bervariasi tentu juga membawa kualitas tersendiri. Ada baiknya pahami tips-tips membeli berikut agar terhindar dari baju koko yang tidak nyaman dikenakan.

Cara Memilih Baju Koko yang Nyaman Digunakan

  • Pastikan Ukuran Baju Pas

Terlebih lagi saat membeli melalui situs jual-beli online yang mana kadang ukuran di deskripsi dengan ukuran sebenarnya berbeda. Maka dari itu, cermati baik-baik keterangan ukuran pada pembungkus baju atau pada keterangan toko jika membeli melalui online. Pastikan ukuran lengan dan lingkar dada pas.

  • Beli yang Berbahan Katun

Baju koko yang terbuat dari katun akan lebih terasa nyaman saat digunakan. Hal ini karena baju koko sering dipakai di acara-acara penting sehingga kain yang adem dan menyerap keringat adalah pilihan nomor satu untuk dipertimbangkan.

  • Pilih Warna Sesuai Tujuan Penggunaan

Jika baju koko digunakan untuk beribadah, ada baiknya pilih warna-warna polos seperti putih, kuning gading, atau warna pastel. Tapi jika baju koko digunakan untuk perayaan, ada baiknya memilih warna yang elegan seperti coklat dan merah.

  • Model Sesuaikan Dengan Kepribadian

Ada beberapa macam model baju koko yang ada di pasaran, yaitu :

  • Tikim

Model tikim mempunyai kerah berdiri dan kancing yang berada di bagian depan

  • Kurtal

Model baju kurtal berasal dari Asia Timur. Ciri-ciri baju ini yaitu terlihat seperti model tunik yang memiliki panjang selutut

  • Gamis

Seperti yang kita ketahui, gamis merupakan mode pakaian yang berasal dari Arab Saudi. Cirinya yaitu memiliki panjang sampai mata kaki. Umumnya warna gamis didominasi oleh warna polos. Model kerah pada gamis juga biasanya memakai kerah berdiri

  • Sherwani

Model ini berasal dari india dan memiliki detail border yang mewah. Hal ini karena pakaian Sherwani sering digunakan oleh Sultan maupun Raja-Raja India dan merupakan lambang kemewahan. Cuttingnya berbentuk A-Line dengan panjang dibawah lutut.

  • Sesuaikan Bordiran Dengan Umur

Bagi anak muda, pilihlah bordir yang simpel dan minimalis. Untuk orang yang lebih tua, memakai bordir yang berdetail rumit dapat menambah kesan wibawa dan kedewasaan sehingga membuat lebih berkharisma.

Baca juga artikel lainnya di fashionities.com

Nah, sudah tahu bagaimana cara memilih baju koko yang baik? Itulah sedikit tips untuk memilih baju iniagar pas dan pantas dipakai. Semoga baju tersebut dapat menunjang penampilan serta menambah rasa percaya diri pemakainya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *