Berikut 4 Tips Terbaik Merawat Baju Hitam Agar Warnanya Tidak Pudar

Menyukai baju hitam untuk dikenakan di berbagai aktifitas tentunya bisa memberi rasa nyaman dibanding memaksa diri memakai warna baju lainnya. Warna hitam memang warna yang cenderung gelap namun dengan pemilihan model yang bagus serta memadukannya dengan busana yang tepat. Maka kesan suram tidak akan terasa dan terlihat dengan jelas, kemudian perlu juga merawat baju berwarna hitam tersebut dengan baik. Sebab selain baju putih, baju berwarna hitam juga mudah sekali buluk sehingga warna hitamnya mudah memudar.

Berikut 4 Tips Terbaik Merawat Baju Hitam Agar Warnanya Tidak Pudar

Tips Merawat Baju Berwarna Hitam

Memakai baju dengan warna hitam yang sudah pudar dan belang dimana-mana tentu tidak nyaman, maka saat memutuskan membelinya. Usahakan merawat baju tersebut dengan beberapa tips di bawah ini:

  • Tidak berlebihan ketika dicuci,

Mencuci pakaian hitam terlalu sering dan terlalu berlebihan bisa membuat warnanya mudah pudar. Maka disarankan untuk mencuci baju warna gelap ini setelah dipakai minimal dua kali agar tidak bersinggungan dengan detergen terlalu sering. Saat proses pencucian pun baiknya direndam tidak lebih dari 30 menit, karena bisa jadi warnanya luntur dan membuatnya nampak pucat.

  • Jemur dengan cara dibalik,

Warna hitam pada baju hitam kesayangan Anda mudah sekali menyerap panas dari sinar matahari. Sayangnya efek panas matahari pada warna hitam cenderung buruk karena bisa membuat warnanya pudar. Sangat dianjurkan membalik pakaian hitam Anda ketika dijemur sehingga warnanya tetap hitam legam dan tidak mudah terlihat usang. Saat dibalik pun perlahan warna di area kerah akan memudar, namun tidak perlu cemas karena bisa jadi permukaan luarnya tetap berwarna gelap secara utuh.

  • Baiknya dicuci memakai air dingin,

Beberapa dari Anda membiasakan diri untuk mencuci baju memakai air hangat, baik saat merendam maupun membilas. Mungkin untuk baju selain warna hitam cocok saja dilakukan namun tidak begitu dengan warna gelap ini. Air hangat ataupun air panas berpotensi meluruhkan zat warna hitam pada serat kain sehingga mudah pudar dan menjadi buluk. Baiknya memakai air bersuhu ruang dan idealnya suhu air cucinya antara 15 hingga 27 derajat. Jika dicuci dengan benar maka baju Anda warnanya tetap utuh dan kinclong.

Baca juga Ternyata Memakai Baju Hitam Memiliki Banyak Manfaat

  • Cuci secara terpisah,

Selain memisahkan baju putih ke ember khusus ketika dicuci rupanya perlakuan yang sama juga baiknya dilakukan pada pakaian hitam. Mengapa? Sebab baju berwarna hitam juga cenderung mudah luntur namun jangan dicampur dengan warna baju lainnya. Sebab warna hitam cenderung menyerap warna lain yang luntur di air cucian dan membuatnya tampak belang. Jika hasilnya bagus dan merata tidak masalah namun jika hanya di beberapa titik saja dijamin tidak akan percaya diri lagi memakai baju hitam tersebut.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *