Berikut 4 Cara Merawat Kalung Perak Agar Tak Menghitam

Beberapa dari Anda kemungkinan lebih menyukai perhiasan dari perak dan salah satunya adalah kalung perak. Alasan setiap orang tentu beragam bisa dimulai dari tampilannya yang lebih modern dan tidak berlebihan seperti emas kuning. Bisa pula karena harga yang lebih terjangkau karena perak dengan logam mulia terpaut cukup jauh. Jika sudah memilihnya maka usahakan belajar bagaimana merawatnya dengan baik karena perak dikenal mudah menghitam. Bisa karena melakukan kontak dengan keringat manusia bisa pula karena penyimpanan yang sembarangan.

Berikut 4 Cara Merawat Kalung Perak Agar Tak Menghitam

Merawat Kalung Berbahan Perak

Apabila kalung dari perak adalah koleksi favorit Anda maka untuk mempertahankan kilau pada perak dan mencegah perubahan warna menjadi hitam. Perlu memberikan perawatan sebagai berikut:

  • Hindari senyawa yang menjadikannya hitam,

Sebenarnya ada beberapa senyawa yang bisa membuat perak berubah menjadi hitam, misalnya H2O2 atau hidrogen peroksida dan juga sulfur. Biasanya senyawa ini dijumpai pada produk pemutih pakaian, obat jamur di kulit, dan beberapa makanan mengandung protein seperti telur dan seafood. Menjauhkan dari senyawa tersebut bisa mempertahankan kualitas kilau perak dan baiknya dipakai saat diperlukan saja tidak setiap hari.

  • Dibersihkan secara teratur,

Pada dasarnya kalung perak ataupun jenis perhiasan dari perak lainnya aman-aman saja untuk digunakan setiap hari. Hanya saja musti dibersihkan secara teratur supaya tidak ada kotoran yang menyumbat perhiasan dari perak ini. Bisa jadi noda hitam di perhiasan perak berasal dari tumpukan debu dan kotoran jenis lainnya. Membersihkannya bisa dengan sabun mandi atau sampo dan disikat memakai sikat gigi. Lakukan perlahan saja dan sekali dalam seminggu sehingga kilaunya terjaga.

  • Gunakan bahan pembersih terbaik,

Berhubung perhiasan dari perak ini memang perlu dicuci secara teratur agar tidak berubah warna menjadi kehitaman. Maka perlu memilih pembersih yang tepat jangan sampai mengandung hidrogen peroksida. Paling aman adalah memakai sabun pembersih dengan formula lembut dan bisa dijumpai pada sampo maupun sabun bayi. Jika ingin lebih maksimal lagi bisa membeli pembersih khusus untuk perhiasan perak Anda bisa mencarinya di toko online untuk memudahkan pencarian. Sabun khusus ini memang agak mahal namun tidak sangat mahal yang artinya bisa dijangkau.

Baca juga: Ini Dia Tips Tepat Memilih Cincin Palladium yang Bisa Anda Terapkan

  • Simpan dengan baik,

Sama seperti memperlakukan perhiasan dari logam mulia lainnya, perhiasan dari perak ini juga perlu disimpan dengan baik. Hindari meletakan kalung dari perak di ruang terbuka karena bisa memicu korosi setelah melakukan kontak dengan udara yang lembab. Apalagi jika Anda mempergunakan AC di rumah maka kelembaban di ruangan terbilang tinggi. Baiknya menyiapkan wadah dari kayu untuk menyimpan koleksi kalung maupun perhiasan perak lainnya. Melalui tindakan ini kalung perak kesayangan akan senantiasa berkilau dan tahan lama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *