Baju Pria

Baju Koko Juga Butuh Dirawat

fashionities.com-merawat bajuBaju koko atau pakaian muslim pria sangat sering dikenakan ketika beribadah ke masjid. Tapi karena perkembangan mode, ada beberapa pria yang mengenakan baju muslim ini untuk kegiatan sehari-hari. Entah untuk pergi ke kantor, pergi kuliah ataupun untuk casual sehari-hari. Selain itu pakaian muslim pria di zaman sekarang juga dibuat dari bahan berkualitas tinggi. Sehingga sangat nyaman dikenakan untuk waktu yang lama. Tapi meskipun terbuat dari bahan berkualitas, baju muslim pria tetap membutuhkan perawatan agar tak mudah rusak. Bagaimanakah cara merawatnya?

Cara mencuci

Cara mencuci pakaian muslim pria tentu saja tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah cara pencuciannya yang sangat direkomendasikan:

  • Sebaiknya pisahkan pakaian muslim pria dari pakaian lainnya. Terutama dengan pakaian yang mudah luntur. Memisahkan pakaian muslim pria dengan baju lain juga bisa mempertahankan warna aslinya.
  • Cucilah dengan air yang bersuhu biasa atau stabil. Jangan pernah mencuci pakaian muslim pria dengan air panas. Sebab dengan air panas tentu saja bisa merusak serat pakaian koko. Bahkan bisa juga menjadikan pakaian koko menjadi mengekerut.
  • Cucilah dengan cara manual atau dengan menggunakan tangan. Mencuci dengan menggunakan mesin cuci bisa berpotensi untuk merusak kain pakaian koko.
  • Tidak disarankan juga untuk menyikat pakaian koko ketika sedang dicuci. Jika memang ada kotoran, sebaiknya rendam dengan deterjen selama beberapa saat. Setelah itu barulah Anda bisa menguceknya.

Baca juga:  Sejarah dan Perbedaan Baju Koko dengan Baju Takwa

Pemutih

Beberapa ibu rumah tangga tentu saja sangat senang jika baju koko pasangan atau buah hatinya terlihat bersih. Terutama jika pakaian koko mereka memiliki warna putih. Untuk mengatasinya biasanya mereka akan menggunakan pemutih. Sebenarnya tak ada salahnya jika Anda menggunakan pemutih, asalkan pemutih yang Anda gunakan benar-benar berkualitas dan ramah lingkungan. Pemutih yang tidak berkualitas dan tidak ramah lingkungan tentu saja bisa merusak pakaian koko yang dicuci.

Penyimpanan

Menyimpan pakaian koko harusnya juga diperhatikan. Simpanlah pakaian koko ini di lemari yang tidak terkena debu. Lemari yang kotor dan berdebu tentu bisa merusak warna dari pakaian koko. Selain itu lemari juga harus bersih dan tidak lembab. Jadi pakaian koko tidak ditumbuhi oleh jamur. Agar lebih wangi, mungkin Anda bisa menyimpan kamper pada lemari Anda. Atau bisa juga dengan menyemprotkan cairan pewangi ketika menyetrika.

Merawat baju koko secara benar dan teliti, secara otomatis akan membuatnya awet dan tetap bagus ketika dipakai. Sebaliknya, jika Anda tidak merawat dengan baik tentu saja pakaian koko akan mudah rusak. Perawatan pakaian koko sebenarnya juga tak sulit. Untuk itulah demi pakaian koko pasangan atau buah hati tetap bagus, rawatlah sedini mungkin. Demikian tips agar pakaian koko atau baju muslim pria tetap terawat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *