Aneka Macam Busana Muslim dan Aksesorisnya

Bagi Anda seorang muslim,, berbusana merupakan salah satu cerminan identitas Anda. Busana muslim yang identik dengan pakaian panjang, ternyata juga mampu bersaing dengan busana modern yang berkembang saat ini. Tidak hanya itu, bahkan beberapa jenis busana muslim banyak digunakan untuk acara-acara formal yang tidak ada hubungannya dengan acara keagamaan. Untuk menghadiri acara pernikahan misalnya atau acara rapat dan lain sebagainya.

Indonesia yang merupakan negara muslim terbesar dunia, telah banyak menyumbangkan design busana muslim yang cukup signifikan. Dengan berbagai macam jenis busana yang tercipta dari tangan-tangan kreatif orang Indonesia ternyata tidak kalah dengan perkembangan model busana modern saat ini. Berikut beberapa macam busana muslim dan aksesoris yang bisa Anda jadikan rekomendasi untuk acara Anda.

  • Gamis

Gamis merupakan jenis pakaian panjang yang biasa dikenakan oleh wanita. Tapi ada juga gamis yang digunakan laki-laki. Tentunya modelnya pun menyesuaikan. Gamis sangat cocok untuk kegiatan-kegiatan formal maupun non formal, bahkan banyak beberapa artis muslim berjilbab yang menggunakan gamis saat diatas panggung.

  • Baju Koko

Baju koko merupakan baju khas pria yang biasa digunakan untuk sholat dan acara-acara keagamaan. Baju koko berbentuk seperti hem hanya saja memiliki jenis kain yang sedikit berbeda, biasanya ada tambahan bordir untuk memperindah penampilan.

Baca juga:  Gaya Fashion Terkini untuk Wanita Karir Muslimah

  • Kopyah / peci

Perkembangan jenis peci saat ini semakin beragam, dari yang model Soekarno (peci hitam yang biasa digunakan pada foto presiden) hingga model ala turki yang memiliki bentuk hampir sama seperti peci khas Indonesia hanya saja sedikit lebih tinggi dan mempunyai tali yang menjulur diatas bagian tengahnya. Ada juga peci model kain biasa yang berbentuk bulat, dan lebih mudah untuk dilipat.

  • Sorban

Aksesoris ini biasa digunakan kaum pria, ada dua model sorban yang biasa digunakan oleh muslim Indonesia, ada yang digunakan untuk kepala ada juga yang dikalungkan pada leher atau diselempangkan pada pundak. Biasanya para habib atau syeh menggunakan sorban yang dililitkan pada kepalanya.

  • Kerudung

Kerudung biasa dikenakan oleh wanita untuk menutupi bagian kepala hingga dadanya, motif dan modelnya pun bervariasi.

  • Pin / bros

Aksesoris ini adalah pelengkap penampilan Anda agar terlihat lebih indah. Motifnya pun beraneka macam, begitu juga dengan bahannya. Ada yang dari kain ada pula yang dari kuningan, mulai dari motif bunga hingga motif binatang. Tinggal bagaimana Anda menyelaraskan dengan busana yang Anda kenakan.

Nah, bagi Anda seorang muslim jangan takut untuk menunjukkan identitas Anda dalam berpakaian, selama tidak menjadikan agama sebagai sarana untuk memecah belah ataupun merusak kerukunan, justru dengan beragama semoga akan lebih mempersatukan negeri kita dalam keanekaragaman.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *