Tips Perawatan Jaket Kulit Agar Tetap Kinclong dan Tahan Lama

Seolah tidak pernah habis zamannya, beragam model jaket kulit terus menjadi pilihan bagi siapapun yang ingin tampil penuh gaya. Meskipun harga jaket kulit selalu di atas harga jaket lainnya, penggemarnya tidak pernah surut. Harga yang tinggi sebanding dengan kualitas yang ditawarkan oleh jaket kulit. Meski begitu, memiiki jaket kulit bisa dikatakan susah-susah gampang. Pasalnya, kita harus rajin melakukan perawatan jaket kulit agar jaket yang kita miliki tetap kinclong dan tahan lama.

Kulit sebagai bahan dasar pembuatan jaket kulit membutuhkan perawatan khusus. Salah merawat, jaket kulit yang kita miliki bisa rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Untuk itu, berikut kami sampaikan tips perawatan jaket kulit agar tetap kinclong dan tahan lama:

  1. Mencuci jaket kulit

Jika kita sering menggunakan jaket kulit, apalagi digunakan untuk berkendara di jalan, tentu cepat terkena berbagai asap, debu, dan berbagai polusi sehingga menimbulkan bau yang sangat tidak enak. Untuk itu, jaket tersebut harus kita bersihkan segera dengan mencucinya.

Mencuci jaket kulit tidaklah sama dengan mencuci baju biasa yang direndam detergen, dikucek, lalu dibilas. Cara mencuci jaket kulit cukup dengan mengelap permukaan kulit jaket dengan kain halus yang sudah dibasahai air sebelumnya. Setelah bersih, letakkanlah di tempat yang agak panas tetapi tidak di bawah sinar matahari langsung. Menjemur jaket kulit langsung di bawah sinar matahari dapat merusak bahan kulitnya.

Jangan sekali-kali merendam jaker dengan detergen karena kulit bisa mengelupas akibat dari reaksi kimia yang terjadi saat perendaman. Jika malas, jangan sekali-kali memasukkannya ke dalam mesin cuci, hal ini akan membuat jaket kulit akan mengkerut dan tidak bisa digunakan lagi.

  1. Jemur saat basah

Tak jarang kita kehujanan saat mengendarai motor lengkap dengan jaket kulit di badan. Jika jaket kulit yang digunakan kehujanan, segeralah menjemur jaket tersebut di tempat yang agak panas atau diangin-anginkan.

Jangan sekali-kali meletakkannya bersamaan dengan baju kotor lainnya. Jaket kulit yang terkena air akan menjadi lembab sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Apabila dibiarkan bisa memicu timbulnya jamur sehingga muncul bercak putih di permukaan jaket kulit. Namun jika sudah terlanjur berjamur, hilangkan jamur tersebut dengan cuka. Caranya buat larutan air dengan campuran cuka. Komposisinya 1:1. Bersihkan jamur dengan kain basah yang telah dibasahi larutan tersebut ke bagian jaket kulit yang berjamur.

  1. Jangan disemprot parfum

Jaket kulit amat sensitif dengan bahan kimia semisal detergen. Begitu juga dengan parfum atau minyak wangi. Alih-alih memberikan aroma yang menyenangkan, jaket kulit justru bisa rusak terkena cairan dari parfum itu.

  1. Menyimpan jaket kulit

Jangan pernah menyimpan jaket kulit dalam keadaan dilipat. Usahakan untuk menggantungnya di lemari atau gantungan baju lainnya yang memungkinkan. Perhatikan tempat menggantung jaket. Jangan sampai lembap dan tidak ada sirkulasi udara. Hal tersebut bisa memicu timbulnya jamur dan menyebabkan jaket bau apek.

  1. Hilangkan kerutan

Jaket kulit seringkali mengkerut pada bagian lipatan atau lekukan, misalnya bagian siku. Hal ini tentu mengurangi kualitas jaket kulit yang kita gunakan. Namun jangan khawatir. Untuk menghilangkan hal tersebut, kita bisa menggunakan lotion dan menggosokkannya pada daerahh yang mengkerut. Lakukan secara hati-hati dan rutin hingga kondisi kerutan perlahan hilang atau tersemarkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *