Tips Merawat Jam Tangan Berbahan Kayu

Berbicara dunia fashion memang tidaklah ada habisnya, ada saja inovasi yang muncul setiap waktu. Salah satunya adalah produk jam tangan yang terbuat dari kayu. Jika dulu produk jam tangan kayu hanya diproduksi di luar negeri. Maka sekarang ada produk jam tangan kayu buatan anak bangsa dengan merk MATOA. Meski perkembangan distribusi jam tangan kayu tersebut kini semakin meluas, akan tetapi masih banyak orang yang tidak paham bagaimana cara merawat jam tangan berbahan kayu ini. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat jam tangan tetap terjaga kualitasnya dan tidak mudah rusak:

  1. Sesuaikan Aktivitas dan Kondisi

Agar tetap awet, gunakan jam tangan kayu sesuai dengan aktivitas serta kondisi. Jika melakukan aktivitas di luar ruangan atau aktivitas dengan gerakan yang berlebihan, sebaiknya tidak mengenakan jam tangan kayu ini. Hindarkan jam tangan kayu dari terik matahari yang menyengat karena ini bisa membuat jam tangan kayu kusam, retak serta patah.

  1. Hindarkan dari Udara Lembap

Hindarkan jam tangan dari air atau udara yang lembap karena hal ini bisa membuat kayu pada produk jam tangan menjadi rusak dan berjamur.

  1. Gunakan Kuas untuk Membersihkan Jam Tangan

Jam tangan berbahan khusus, tentunya harus dibersihkan dengan cara yang khusus pula. Untuk membersihkan debu serta kotoran, gunakan kuas yang lembut, seperti brush untuk make up. Gunakan kuas yang bersih atau baru, dan apabila sudah selesai digunakan, bersihkan kuas dengan air hangat dan sabun bayi atau shampo yang lembut.

Baca juga:  Cara Merawat Jam Tangan Pria Berbahan Kulit

  1. Gunakan Kemiri untuk Menjaga Tekstur Jam Tangan

Seringkali kemiri hanya digunakan di dapur sebagai bumbu atau untuk menyuburkan rambut. Akan tetapi kemiri juga bisa dipakai untuk menjaga tekstur jam tangan kayu agar tetap lembut. Jika memiliki jam tangan dengan warna kayu yang cenderung gelap, maka caranya adalah bakar kemiri, haluskan, kemudian bungkus dengan kain bersih, lalu gosokkan pada jam tangan kayu. Berbeda jika jam tangan berwarna terang, maka kemiri tak perlu dibakar, cukup dihaluskan dan dibungkus kain bersih lalu digosokkan pada jam tangan kayu.

  1. Jeruk Nipis untuk Mengkilatkan Jam Tangan Kayu

Tak hanya bisa membuat piring mengkilat, jeruk nipis juga bisa membuat jam tangan terlihat baru dan mengkilat. Cukup campurkan air bersih, air jeruk nipis serta minyak goreng sebanyak dua sendok. Gosokkan cairan tersebut pada jam tangan dengan lap bersih. Maka jam tangan kayu bisa awet dan mengkilat.

  1. Simpan dalam Kotak Khusus

Untuk merawat jam tangan kayu agar tetap awet, maka jangan meletakkan jam tangan secara sembarangan. Letakkan jam tangan kayu pada kotak penyimpanan yang tersedia saat pembelian.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat jam tangan berbahan kayu. Jaga jam tangan kayu agar selalu tetap baik dan tidak cepat rusak, karena jam tangan kayu ini tak hanya membantu menunjukkan waktu akan tetapi juga bisa membantu untuk menjadikan penampilan lebih modis dan elegan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *