Tips Merawat Batik Muslim Agar Tetap Awet dan Terlihat Baru

fashionities.com-batik muslimBatik merupakan salah satu kain asli Indonesia yang mulai beberapa tahun yang lalu kembali popular dan sudah banyak digunakan oleh anak muda karena jenis batik yang semakin beragam. Tidak heran jika saat ini banyak pakaian yang terbuat dari batik dan salah satunya adalah baju muslim. Sama seperti pakaian dari batik lainnya, batik muslim juga harus dirawat dengan baik sehingga motifnya tetap terjaga, warna tidak cepat pudar dan baju tidak cepat rusak.

Terdapat teknik tersendiri untuk mencuci dan merawat baju batik. Terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat Anda merawat baju yang terbuat dari kain batik dan diantaranya yaitu:

  • Hindari penggunaan deterjen yang mengandung bahan kimia karena dapat membuat batik menjadi lebih cepat rusak.
  • Hindari untuk menggunakan mesin cuci saat Anda sedang mencuci batik terutama untuk batik tulis.
  • Ketika menjemur, hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung agar warna tidak cepat pudar.
  • Hindari untuk menyetrika secara langsung.
  • Hindari untuk menyemprotkan langsung pewangi atau pelicin pakaian dan parfum secara langsung agar tidak merusak warna batik.
  • Jangan menyimpan di tempat yang lembab sehingga batik tidak rusak dan dimakan oleh rayap.

Baca juga:  Kiat Stylish dengan Baju Muslim Trendy untuk Bekerja

Saat Anda mencuci batik muslim yang dibuat dengan menggunakan teknik cap, hindari untuk mencucinya dengan cara menyikatnya. Anda hanya perlu untuk mengucek bagian yang kotor sehingga serat dari batik tidak rusak. Anda tidak perlu untuk memeras batik seperti halnya Anda memeras baju yang lainnya. Anda hanya perlu untuk membalikkan bagian dalam baju sehingga bagian dalam berada di luar dan diletakkan di tempat yang teduh atau diangin-anginkan.

Jika Anda ingin mencuci, baik jenis batik tulis ataupun batik cap, gunakan deterjen yang khusus digunakan untuk mencuci pakaian yang terbuat dari batik. Anda dapat menggunakan sabun ataupun dengan sampo. Gunakan air hangat untuk merendam batik tulis. Caranya yaitu dengan melarutkan shampoo ke dalam air dan kemudian rendam pakaian batik kurang lebih 10-15 menit. Kemudian baru dicucuk di bagian yang terkena noda.

Batik muslim akan lebih rapi jika diseterika namun hindari penggunaan seterika langsung pada batik. Anda dapat melapisi batik terlebih dahulu dengan menggunakan kertas minyak atau dengan plastik pembungkus. Pelapisan batik ini juga dilakukan sebelum Anda menggunakan pelicin ataupun pelembut pakaian agar pakaian menjadi lebih mudah untuk diseterika. Hindari penggunaan koran sebagai pelapis nya karena dapat membuat tinta koran menempel pada baju. Setelah diseterika, simpan pakaian batik Anda ke tempat yang kering dan hindari penggunaan kapur barus karena dapat merusak warna batik tulis. Untuk mencegah rayap, Anda dapat menaruh bubuk merica yang diletakkan di tisu dan disimpan di lemari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *