Tips Memilih Baju Koko untuk Ibadah Sholat Tarawih

Bulan Ramadhan akan segera menjelang yang berarti umat Islam akan segera menyambut datangnya bulan puasa. Di bulan Ramadhan bukan hanya ibadah puasa saja yang akan dilakukan namun juga ibadah sholat tarawih. Sholat berjama’ah yang dilakukan di setiap malam bulan Ramadhan ini juga akan diselingi dengan ceramah atau kultum sehingga menambah wawasan dan ilmu keislaman. Untuk ibadah yang khusus dan khusuk, penggunaan busana saat ke masjid juga tak boleh sembarangan. Selain harus bersih dari najis dan bau, busana juga harus rapi dan sopan. Untuk para pria, sebaiknya menggunakan busana muslim yaitu baju koko yang dipadukan dengan celana panjang atau sarung.

Tips Memilih Baju Koko untuk Ibadah Sholat Tarawih

Untuk memilih baju muslim mana yang sebaiknya dipilih untuk penggunaan sehari-hari saat akan sholat tarawih, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Bahan.

Kegiatan sholat tarawih akan memakan waktu yang cukup lama dari 1 jam hingga 1,5 jam dengan gerakan sholat yang terus menerus. Karenanya sebaiknya Anda memilih busana koko dengan bahan katun yang lembut dan sejuk untuk memberikan kenyamanan ketika beribadah.

  • Model.

Beribadah bukanlah ajang untuk pamer busana, karenanya tidak dianjurkan untuk memakai pakaian yang terlalu mewah. Gunakan model minimalis atau model biasa baik lengan pendek maupun lengan panjang asalkan bersih dan sopan.

  • Motif.

Pemilihan motif untuk baju koko dalam keperluan ibadah sebaiknya dibedakan dengan baju muslim untuk kebutuhan merayakan lebaran. Untuk keperluan ibadah, pilih motif minimalis saja sehingga tidak terlalu mencolok. Sebaliknya untuk berlebaran, Anda bisa memilih motif yang lebih meriah.

  • Kantung.

Tak perlu kantung untuk baju yang akan digunakan beribadah. Apalagi jika Anda menggunakan celana panjang pastinya ada kantung yang akan tersedia untuk menyimpan uang guna bersodaqoh.

  • Kerah.

Sebaiknya menggunakan kerah minimal saja untuk mengurangi rasa panas yang bisa timbul apalagi jika Anda sholat di masjid yang penuh dengan jamaah.

Dengan memperhatikan point pemilihan di atas, Anda akan bisa memilih baju muslim pria mana yang sebaiknya digunakan untuk beribadah di bulan Ramadhan tahun ini. Tak harus baju baru yang nantinya dipakai dan tak harus selalu berganti-ganti setiap harinya asalkan Anda menjaga kebersihannya dan rapi karena kerapian dan kebersihan pakaian yang digunakan akan ikut menentukan sahnya sholat.

Baca selengkapnya Baju Koko, Masih Menjadi Pilihan Wajib Busana Muslim Pria

Koleksi beberapa baju koko dengan memperhatikan point pemilihan di atas, sehingga Anda bisa memilih baju yang sesuai untuk keperluan ibadah sholat tarawaih yang nanti akan dilakukan setiap malam hingga menjelang hari lebaran. Untuk keperluan hari lebaran, Anda bisa membeli baju lain yang lebih semarak dan ceria untuk memberikan penampilan yang lebih berbeda dari hari-hari sebelumnya.

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *