Baju Wanita

Tetap Tampil Nyaman dengan Pakaian Muslim di Musim Panas

Musim panas merupakan salah satu musim yang bagi sebagian orang sangat tidak nyaman karena suhu yang tinggi sehingga menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah berkeringat. Akan tetapi, bagi muslimah yang harus tetap menggunakan pakaian muslim dan jilbab, musim panas semakin membuat tidak nyaman terutama di bagian kepala. Hal tersebut dikarenakan kepala menjadi lebih mudah berkeringat dan menyebabkan ketombe serta rambut rontok.

Namun, Anda tetap dapat menjalani musim panas dengan menggunakan baju muslim seperti biasanya dengan beberapa tips berikut. Pertama adalah pilih pakaian yang nyaman. Misalnya jika Anda suka menggunakan celana, Anda dapat memilih untuk menggunakan celana yang longgar misalnya celana kulot. Celana tersebut tidak hanya dapat memberikan rasa nyaman namun juga memberikan efek yang dingin dan sejuk untuk kaki Anda.

Bahan untuk pakaian muslim yang cocok digunakan di musim panas yaitu:

  • Katun yang terbuat dari kapas ini merupakan bahan yang mudah untuk menyerap keringat sehingga akan membuat Anda menjadi lebih nyaman dan badan menjadi lebih sejuk.
  • Linen yang terbuat dari serat tanaman rami ini karena dapat memberikan kesejukan tersendiri saat Anda menggunakannya karena sifatnya yang dingin. Linen memiliki tekstur yang lembut namun bahan ini mudah kusut sehingga Anda harus mempertimbangkannya jika ingin menggunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Rayon dari serat selulosa alami dari bubur kayu. Bahan ini memiliki sifat dingin dan sejuk sehingga dapat membuat Anda menjadi lebih nyaman.

Untuk rok, sebaiknya pilih rok yang memiliki potongan lebar. Anda dapat memilih jenis rok yang menggunakan bahan yang ringan seperti sifon. Sebisa mungkin hindari rok spans, rok dengan model lurus agar Anda dapat beraktivitas dengan baik dan tidak mudah membuat Anda berkeringat. Rok yang longgar memiliki sirkulasi yang baik sehingga membuat Anda lebih merasa nyaman dan tidak membuat lembab untuk tubuh bagian bawah.

Baca juga: Bahan Gamis Terbaru

Pakaian muslim dan hijab yang cocok digunakan saat musim panas atau di cuaca dengan suhu yang tinggi yaitu:

  • Kaftan memiliki design pakaian yang simple dan terbuat dari bahan yang sejuk sehingga nyaman untuk dipakai saat musim panas. Model busana ini selain dapat menutupi lekuk tubuh, juga dapat memberikan kesan yang elegan dan feminim.
  • Gunakan jilbab dengan model yang sederhana. Anda dapat menggunakan jenis jilbab bergo atau jika Anda hendak mengenakan pashmina ataupun segi empat, gunakan model yang memungkinkan kepala Anda untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga mengurangi efek gatal karena keringat hindari untuk melilitkan kerudung di leher karena justru akan semakin membuat Anda terasa gerah.
  • Hindari penggunaan pakaian dengan warna gelap karena warna tersebut cenderung lebih mudah untuk menyerap keringat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *