Tengok Kebaya Kutu Baru, Ada Buat yang Berhijab Loh!

Mengakar dari sejarah kebaya, kebaya merupakan pakaian wanita tradisional yang dulunya hanya boleh dikenakan oleh para wanita bangsawan. Kebaya identik dengan kaum bangsawan, karena memang semasa kerajaan Majapahit dahulu, kebaya pertama kali dikenalkan oleh para permaisuri maupun selir selir kerajaan. Kebaya dahulu biasanya dipadukan dengan bawahan model jarik. Model bawahan kebaya tersebutjuga berbentuk wiru dengan aksesoris berupa sanggul maupun perhiasan, hingga penggunaan stagen di daerah perut yang bertujuan untuk mencegah kainnya agar tidak melorot.

Hingga kini, kebaya tetap ada dan harus tetap ada sebagai identitas bangsa kita. Semakin ke sini, penggunaankebaya pun bisa dipadu padankan dengan bawahan apa saja. Mulai dari model bawahan sarung, model bawahan kain songket, model bawahan kain batik, hingga model bawahan yang terkesan modern yaitu dengan kain jeans.

Desain kebaya saat ini juga memiliki banyak variasi. Hingga mulai muncul desain kebaya kutu baru yangikut dikenalkan oleh para desainer kebaya kondang Indonesia. Contohnya sajadengan kebaya kutu besutan Anne Avantie. Menurutnyakebaya kutu akan menggambarkan kebersahajaan yang membuat wanita menjadi lebih mempesona. Model kebaya kutu lah yang menjadikannya inspirasi pertama untukmendesain kebaya modern yang saat ini banyak dirancangnya.

Kebaya kutu baru memang memiliki bentuk yang khas, memiliki desain kutu baru atau gier yang pada lapisan tengahnya berbentung segi empat di bagian depan kebaya. Kebaya kutu baru juga disandingkan dengan adanyakorset, long torso, maupunkamisol pada penggunaannya. Dengan adanya kancing pengait yang terbuat daribenang, cirinya yang klasik ini membuat kebaya kutu semakin memperlihatkan keanggunan seorang wanita.

Kesan feminin juga dimunculkan pada desain kebayakutu. Hingga banyak pula yang mengenakannya di berbagai acara, baik acara resmi pemerintahan, hingga acara wisuda sekolah. Kebaya kutu juga cocok untukdikenakan sebagai seragam. Contohnya pada penggunaannya untuk seragam pestapernikahan.

Untuk acara resmi memang kesan model bawahanharus elegan pula dengan berupa kain jarik ataupun kain songket. Untukpenggunaannya saat wisuda bisa dipadu padankan dengan beberapa kain yang pas,bisa baca selengkapnya pada tautan berikut ini: https://review.bukalapak.com/fashion/7-model-kain-yang-cocok-jadi-bawahan-kebaya-modernmu-saat-wisuda-27640

Indonesia yang memiliki banyak suku bangsa yangberbeda. Namun, penggunaan kebaya tak menjadikannya mengotak-ngotakkan wilayah pada suku tertentu saja. Kebaya tak lagi menampilkan pemberian kelompok etnistertentu, pekerjaan tertentu, hingga status sosial mereka di masyarakat. Kebaya saat ini lebih luwes dan dapat digunakan untuk berbagai kalangan.

Kutu baru juga sudah mulai banyak digunakan oleh mereka yang mengenakan hijab. Semakin banyaknya wanitayang mengenakan hijab, namun tetap ingintampil modis, membuat para desainer juga semakin memperbanyak koleksi danrancangannya untuk membuat kebaya model kutubaru bagi mereka yang berhijab.Tentunya dengan mengenakan model kutu baru tersebut, tetap terlihat anggun dan modern.

Anda tak perlu lagi khawatir untuk tetap mengenakan kebaya walau Anda berhijab. Tak perlu mengenakan sanggul di ataskepala, namun tetap memperhatikan kesopanan dalam mengenakan pakaian kebaya yang menutup aurat. Tak perlu juga terlalu repot untuk mencari bawahan,tampilan Anda akan jauh lebih menyejukkan dan mempesona jika mengenakan model kebaya panjang dengan rok dari bahan batik, songket, dan yang lainnya.

Inilah beberapa contoh kebaya model kutubaru, di antaranya juga untuk yang berhijab.

Oh ya, menggunakan model kebaya ini untuk bajupengantin juga bisa. Dengan berhiaskan payet maupun bordiran yang elegan, mampu membuat Anda terlihat lebih “manglingi” kalau dalam bahasa Jawa.Intinya, orang yang hadir tak akan menyangka bahwa Anda ternyata sangat cantik dengan mengenakan baju kebaya. Mau coba?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *