Tas Hermes Birkin dan Fakta Uniknya yang Harus Anda Ketahui

Siapa yang tidak kenal Hermes? Rumah mode yang sangat terkenal ini memiliki 2 tas legendaris yaitu Kelly dan Birkin. Kedua jenis tas Hermes tersebutlah yang paling banyak dipalsukan mulai dengan kualitas yang tinggi hingga kualitas yang rendah yang hanya dijual puluhan ribu rupiah. Ada beberapa fakta menarik dari Hermes Birkin ini yang perlu Anda tahu.

Pertama adalah asal namanya. Jane Mallory Birkin yang merupakan ikon fashion dari Inggris yang tinggal di Perancis ini di tahun 1981 tidak sengaja duduk bersebelahan dengan CEO Hermes yaitu Jean Louis Dumas dan Birkin yang kala itu menggunakan Hermes, tidak sengaja menjatuhkan barang di tasnya dan mengeluhkan ketidakpraktisan tas tersebut yang tidak bisa memuat banyak barang. dan kala itu CEO Hermes membuat tas di atas kantung kertas muntah.

Kedua adalah aksesoris. Jane Birkin mengaku saat memiliki tasnya sendiri ia cenderung terbiasa menghiasnya dengan berbagai macam aksesoris untuk menghilangkan kesan sombong dan formal sehingga lebih santai. Ketiga adalah tas Hermes paling mahal senilai Rp 3,1 milyar. Tas Birkin dari Hermes yang paling mahal yang pernah ditemukan adalah tas dengan harga Rp 3,1 milih Christie yang memenangkan acara lelang di Hongkong yang memiliki warna fuchsia dari kulit buaya dan memiliki berlian dan emas putih 18 karat.

Keempat adalah proses pembuatannya. Sebanding dengan harganya yang terbilang sangat fantastis untuk ukuran tas, butuh waktu lama untuk mengerjakan 1 tas. Dibutuhkan waktu 48 jam oleh seorang seniman untuk bisa membuat tas tersebut. Namun, tidak hanya tipe Birkin melainkan juga tas lainnya dari Hermes yang diproduksi oleh 1 orang saja di rumah produksi dan kenyataannya butuh waktu 1 minggu untuk membuat 1 buah tas. Untuk membuat tas tersebut, para pengrajin hanya menggunakan peralatan yang dimilikinya sendiri.

Fakta menarik lainnya dari tas Hermes Birkin adalah:

  • Diproduksi dengan warna yang terang dan mencolok. Warna yang paling banyak adalah warna biru dan menurut data BBC, sejak debut, warna biru sudah diproduksi lebih dari 25 jenis.
  • Hermes Himalayan dimana Himalayan sendiri adalah sebutan untuk jenis warna yang mengarah ke warna yang berupa dengan warna dari salju yang ada di puncak gunung Himalaya.
  • Jane Birkin menarik nama dari Hermes. Sejak tahun 2015, Jane Birkin tidak menginginkan lagi namanya dipergunakan sebagai salah satu koleksi tas yang diproduksi oleh Hermes yang terbuat dari kulit buatan. Tas yang memiliki harga sekitar Rp 550 juta ini menuai protes dari aktivis hewan yang dilindungi. PETA (people for the ethical treatment of animals) mengeluarkan video yang berisi kekejaman dan perlakuan serta pembunuhan buatan di peternakan Pandega Holdings, Texas yang diduga untuk Hermes dan sejak itu Jane Birkin ingin mencabut namanya dari Hermes.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *