Aksesories

Siapa Bilang Merawat Jam Tangan Itu Susah, Ternyata Sangat Mudah dan Sederhana!

jam tangan - fashionitiesBagi siapa saja yang selama ini lebih percaya diri dengan mengenakan jam tangan kesayangan, pastikan sudah merawat jam tangan tersebut dengan benar. Meski perangkat digital semakin canggih, dimana Kita bisa melihat detail waktu mulai dari jam sampai tanggal hari. Melalui perangkat digital, misal handphone, yang dibawa bepergian sehingga tanpa jam tangan dan kalender. Kita sudah bisa mengetahui ini jam berapa dan tanggal atau hari apa.

Mengenal Fungsi Jam Tangan

 Jika dahulu jam tangan yang melingkar di pergelangan tangan memiliki peran vital dalam menunjukkan waktu. Maka seiring berjalannya peradaban, terjadi perubahan fungsi pada beberapa barang yang kita gunakan sejak zaman dahulu. Salah satunya ialah jam tangan, yang dulunya hanya difungsikan sebagai penunjuk waktu maka kini menjadi aksesoris penting. Keberadaannya bisa membuat penampilan terlihat lebih berkelas dan elegan, maka jangan sampai jam tangan saat dikenakan malah tidak bergerak sama sekali. Alias mati.

 

Perawatan Terbaik untuk Sebuah Jam Tangan

 Merawat arloji kesayangan yang selama ini selalu menemani segala aktivitas sebenarnya tidaklah sulit, dan tidak memerlukan banyak waktu. Berikut beberapa hal sederhana yang membuat jam tangan lebih tahan lama:

1.

Disimpan Pada Tempat Kering

Jam tangan memiliki beberapa komponen yang rentan rusak apabila bersentuhan dengan zat cair jenis apapun. Bahkan kelembaban bisa memicu munculnya embun atau tetesan air yang membuat mesin di dalamnya mudah rusak. Pastikan bahwa tempat untuk menyimpan koleksi jam tangan selalu kering tidak lembab apalagi basah.

2.

Jangan Malas Membersihkannya

Cara sederhana yang sering diabaikan untuk merawat jam tangan ialah tidak meluangkan waktu sebentar untuk membersihkannya. Jam tangan yang dibiarkan berdebu akan meningkatkan resiko butiran debu masuk ke bagian mesin. Alhasil kinerja mesin jam tangan tersebut akan lebih keras dan butuh waktu tidak lama untuk sampai kepada tingkatan rusak. Memperhatikan kebersihan jam tangan akan menjaganya selalu awet menunjukkan waktu secara akurat.

3.

Tali Jam Juga Wajib Dibersihkan

Beberapa orang mengaku mengalami iritasi di pergelangan tangan yang merupakan tempat melekatnya ham tangan. Bisa jadi iritasi disebabkan oleh tali pada jam tangan yang dikenakan dalam keadaan tidak bersih sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri. Selalu perhatikan kebersihan tali jam, supaya terhindar dari resiko alergi, iritasi, dan sebagainya. Membersihkannya pun tidak bisa sembarangan, perlu menyesuaikan dengan jenis material pada tali. Jika rutin dibersihkan selain nyaman di kulit juga lebih sedap dipandang.

4.

Berikan Alas Tisu Jika Mudah Berkeringat

Beberapa orang memiliki keunikan mampu memproduksi keringat dalam jumlah lebih banyak, atau mudah berkeringat meski suhu tidak terlalu panas. Apabila terbiasa mengenakan jam tangan, bisa membuatnya mudah rusak karena terkena keringat. Bagaimana mengatasinya? Saat dikenakan, Kita bisa memberikan alas tisu yang membatasi antara jam tangan dengan kulit. Sehingga tisu tersebut menyerap keringat dan kelembaban, sehingga tidak mudah rusak.

5.

Disesuaikan Dengan Kegiatan

Beberapa jam tangan dibuat dengan desain yang elegan, namun ada juga yang dibuat sporty dengan pilihan material berbeda. Perbedaan ini bertujuan memudahkan siapa saja mengenakan jam tangan yang cocok di semua kesempatan. Saat memasak, olahraga, dan sebagainya hindari memakai jam tangan dari material stainless jika tidak ingin rusak akibat benturan atau tercelup air. Gunakan jam tangan dari karet atau kain, cara merawat jam tangan jauh lebih mudah bukan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *