Pola Rok Model Payung, Kreasi Sendiri

Trand rok payung sebenarnya sudah dari dulu, namun sekarang menjadi popular lagi. Menggunakan rok model ini bisa membuat penampilan terlihat modis dan anggun. Sebenarnya jika Anda memiliki keterampilan menjahit, memiliki rok ini bisa dari kreasi sendiri. Asalkan mengetahui pola rok model payung.

Untuk membuat rok payung dibutuhkan bahan kain tidak kurang dari 3 meter, dengan lebar 150cm. Ukuran tersebut 3 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan model rok biasa. Nah, jika Anda tertarik membuat rok payung sendiri, ikuti langkah-langkah membuat pola rok payung yang akan kami informasikan berikut ini.

Baca juga:  Cara Menutupi Kekurangan Bagian Kaki dengan Model Rok Terbaru

Langkah Pertama

Pertama-tama ukur bagian pinggang terkecil dengan melingkar dan pas tanpa ditambahkan. Agar hasilnya lebih presisi jangan gunakan pakaian yang tebal dan longgar, sebaiknya gunakan pakaian yang tepat.

Lalu ukur bagian pinggang yang diinginkan sesuai dengan ban rok yang biasa dipakai. Ingat kenyamanan setiap orang berbeda-beda, ada yang menyukai menggunakan rok yang pas ada yang menginginkan lebih ke bawah atau ada juga yang lebih nyaman dengan rok yang di pinggul.

Langkah Kedua

Pertama-tama taruh kain yang akan dijadikan rok di lantai atau meja, lalu lipat menjadi dua. Setelah itu buat pola kain berbentuk setengah lingkaran, lalu di bagian tengahnya buat setengah lingkaran yang lebih kecil. Panjang drok dan lingkar pinggangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Langkah Ketiga

Setelah membuat pola rok pertama lanjutkan dengan mengaplikasikan rumus setengah lingkaran. Misalnya jika lingkar pinggangnya 72cm maka bisa menggunakan rumus untuk medapatkan jari-jarinya.

Langkah Keempat

Langkah berikutnya adalah membuat ban pinggang. Lebar ban pinggang bisa sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan bannya sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan.

Langkah Kelima

Pada bagian lingkar pinggang dipasang karet elastic, jadi siapkan selembar kain dan bungkus terlebih dahulu karetnya dengan kain ban agar mudah dipasang ke kain yang akan dijadikan bahan rok. Sebelum dijahit, lipat dulu kain pembus karet dengan cara melipat kain ban, baru kemudian dijait ujungnya. Baru kemudian jahit karet elastic ke kain ban.

Setelah itu kain ban dilipat sehingga menutupi karet lalu jahit tepat dipinggiran karet. Setelah selesai rapihkan ujungnya agar sama rata, caranya bisa dengan digunting.

Langkah Keenam

Lanjutkan dengan memasng kain dengan menempelkan sisi rok dengan sisi ban pinggang, agar lebih mudah dan tidak bergeser gunakan jarum petul. lalu jahit sekeliling pinggiran. Lalu lanjutkan dengan mengobras bagian ujung sambungan agar tidak mudah terurai.

Langkah Ketujuh

Untuk bagian bawah rok bisa gunakan jahitan kelim neci, karena jika dijahit biasa membutuhkan waktu yang lama. Nah selesai sudah rok payung dengan pola rok sendiri. Menggunakan rok hasil kreasi sendiri menjadi lebih menyenangkan dan membanggakan. Selamat mencoba!

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *