Pembagian Jenis Hijab Berdasarkan Bahannya

Sekarang sudah banyak jenis jilbab  di pasaran yang bisa dijadikan pilihan untuk berbusana muslim modern dan syar’i. Setiap jenis bahan memiliki perbedaan karakteristik dan harga. Karena banyaknya pilihan, malah membuat kita kesulitan memilih jenis hijab yang sesuai dan nyaman dipakai.

Nah bagi  Anda yang ingin mengetahui jenis hijab berdasarkan bahannya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Baca juga:  Jenis Hijab Yang Kekinian Dan Fashionabel

Bahan Sifon

Hijab sifon merupakan salah satu bahan hijab yang popular, biasanya digunakan untuk menghadiri acara-acara formal seperti acara pernikahan. Karakteristiknya: tipis, licin, mengkilat. Jika digunakan agak panas, jadi sebaiknya pertimbangkan berapa lama Anda akan menghadiri acara.

Meskipun panas, banyak hijabers yang menggunakan kerudung sifon karna ringan dan jatuhnya sempurna. Kelebihan lainnya adalah motifnya beragam bisa disesuaikan dengan gaya penampilan Anda apakan santai, casual atau formal.

Bahan Hycon

Jika dilihat sekilas, kerudung bahan hycon tidak jauh berbeda dengan sifon. perbedaannya kain sifon lebih licin sedangkan hycon lebih lembut. Desain atau kreasi hijab dari bahan sifon biasanya disebut double hycon. Maksudnya adalah kreasi yang dibuat dua lapis. karakteristik hycon itu sendiri memiliki serat kain yang lebih padat, rapat dibandingkan dengan jenis kain paris KW1, yaitu lebih halus, tidak licin, bahannya jatuh dan tidak mengembang.

Bahan Voile

Hijab yang terbuat dari bahan voile sifatnya hampir sama dengan bahan hycon, yaitu sama-sama memiliki karakteristik yang lembut dan halus. Kerudung ini cocok dipakai pada waktu siang hari dan menggunakannya harus menggunakan daleman atau ciput. Walaupun demikian kain voile tidak lentur dan terbuat dari bahan kapas. Tapi ada juga jenis yang menggunakan bahan dasar sutra, rayon atau polyester. Kelebihan voile adalah lembut, halus dan nyaman dipakai pada waktu siang hari. Sedangkan kekurangannya adalah tidak lentur sehingga lebih sulit dikreasikan.

Bahan Sutra

Kain sutra memiliki karakteristik lembut dan tipis dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Itu sebabnya kain sutra harganya lebih mahal dibandingkan bahan lainnya. Kelebihannya adalah sangat nayman digunakan karena dingin dan lembut. Hijab yang terbuat dari kain sutra cocok digunakan untuk acara formal, seperti ke pesta pernikahan dsb. Sedangkan kekurangannya adalah mudah luntur, mudah kusut. Agar bisa bertahan lama atau lebih awet hijab yang terbuat dari kain sutra membutuhkan perawatan khusus.

Bahan Spandek

Hijab yang terbuat dari spandek cukup mudah perawatannya. Hijab ini banyak jenisnya dan menarik karena mengkilap, terbuat dari bahan non alami. Karakteristiknya lembut, lentur dan halus. Kadang ada jenis spandek yang terdapat unsure sutra atau dikenal dengan sebutan spandek sutra. Karena nyaman, halus dan lembut jenis hijab yang terbuat dari bahan ini harganya relatif mahal dibandingkan jenis hijab yang terbuat dari bahan lainnya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *