Pandangan dalam Islam Mengenai Cincin Palladium

Bagi setiap muslim, wajib untuk mematuhi apa yang ada di dalam Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Dalam Islam, dijelaskan hal yang harus dilakukan dan yang harus dijauhi dan salah satunya adalah mengenai perhiasan yang dipergunakan termasuk untuk cincin. Cincin biasanya disematkan saat pernikahan dilangsungkan dan yang tidak boleh digunakan untuk pria adalah emas. Sehingga cincin palladium dalam Islam jika dipergunakan oleh pria diperbolehkan.

Pandangan dalam Islam Mengenai Cincin Palladium

Akan tetapi, walaupun penggunaan cincin dari palladium tersebut diperbolehkan untuk pria, cincin tersebut harus murni menggunakan palladium atau tidak mengandung campuran dari bahan emas. Palladium (Pd) adalah salah satu mineral bumi yang mempunyai kadar 270% lebih tinggi dibandingkan dengan perak ataupun tembaga. Umumnya, palladium digunakan untuk campuran dalam pembuatan emas putih akan tetapi jika dipergunakan untuk membuat cincin, palladium biasanya akan dicampurkan dengan perak dan alloy.

Sayangnya, cincin yang terbuat dari bahan palladium kurang dikenal di Indonesia sehingga banyak masyarakat yang lebih menggunakan cincin yang terbuat dari perak ataupun titanium sebagai pengganti dari cincin emas. Jika dibandingkan dengan cincin emas, cincin palladium memiliki harga yang lebih murah yaitu sekitar Rp 200-300 ribuan dengan kadar 50% namun cincin dari bahan palladium tersebut memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan cincin perak.

Sehingga, dalam Islam untuk digunakan oleh pria diperbolehkan dengan catatan tidak ada unsur emas yang digunakan dalam pembuatan cincin tersebut. Walaupun belum seterkenal atau sepopuler cincin perak dan tidak semua toko perhiasan menyediakan dan mau membeli kembali cincin dari bahan palladium, cincin ini memiliki keunggulan tersendiri yaitu:

  • Memiliki warna putih yang berkilau secara alami sehingga tidak perlu dilapisi kembali untuk membuat cincin tersebut berkilau.
  • Tidak mudah luntur warnanya walaupun digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Mudah untuk dibersihkan yaitu hanya dengan kain halus dan air hangat.
  • Memiliki bobot yang ringan sehingga nyaman untuk digunakan.
  • Memiliki harga yang terjangkau.
  • Cocok digunakan untuk orang yang memiliki kulit yang sangat sensitif.
  • Awet hingga 15% lebih tinggi dibandingkan cincin emas putih.

Baca juga: Ini Dia Tips Tepat Memilih Cincin Palladium yang Bisa Anda Terapkan

Karena alasan tersebut, tidak sedikit yang akhirnya memilih cincin palladium yang akan dipergunakan untuk mas kawin ataupun akan dipergunakan sendiri setelah menikah. Hal yang harus diingat saat Anda hendak memilih cincin dari bahan Palladium ini adalah lingkar jemari yang akan Anda pasangi cincin, harga dan juga garansi. Untuk mendapatkan ukuran yang lebih pas, maka saat pengukuran cincin tersebut, Anda harus datang ke tempat pemesanan, apalagi jika Anda memesan jenis cincin dari bahan palladium tersebut memiliki design yang unik yang Anda pesan secara khusus. Selain itu, karena harganya terbilang lumayan mahal maka persiapkan budget lebih banyak.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *