Model Kerudung di Berbagai Negara Islam Dunia

Kerudung adalah jenis pakaian yang penting bagi orang Indonesia yang mayoritasnya beragama Islam. Di Indonesia, model kerudung yang paling populer biasanya adalah jenis hijab dengan scarf segiempat. Padahal, sebenarnya ada banyak model kerudung di berbagai negara Islam di Dunia. Mau tahu apa saja?

  • Hijab

Hijab sebenarnya berasal dari kata “hajaba” yang artinya adalah menutupi. Jadi, sebenarnya hijab adalah keseluruhan pakaian yang dipakai untuk menutupi aurat wanita. Meskipun begitu, di era modern ini kata hijab sudah identik dengan sepotong kain yang digunakan sebagai kerudung oleh umat muslimah. Berbeda dengan kerudung lain, hijab biasanya memiliki variasi warna dan gaya yang bisa dipadu-padankan dan dibentuk bermacam cara. Pashmina, kain segi empat, atau kain segitiga adalah beberapa contoh hijab yang populer di Indonesia.

  • Al Amira, kerudung praktis dengan tambahan ciput di dalamnya

Kerudung Al-amira bisa mengacu pada dua jenis kerudung. Yang pertama, Al-amira bisa mengacu pada jenis kerudung dua potong, yaitu gabungan antara sebuah kain kerudung berbentuk tabung dan juga ciput. Tapi, kadang ada juga kerudung Al-Amira instan dimana kerudung berbentuk tabung dan juga ciputnya sudah jadi satu. Seringnya, Al-amira dipakai oleh wanita yang masih belajar memakai hijab karena kepraktisannya. Meskipun begitu, tak jarang juga wanita-wanita dewasa memakainya untuk kegiatan-kegiatan sehari-hari.

  • Shayla, hijab segipanjang yang populer di daerah Timur Tengah

Shayla sendiri adalah kerudung yang dibuat dari sepotong kain persegi panjang seperti syal atau selendang. Jenis hijab yang satu ini bisanya dililitkan di daerah kepala dan dipin di daerah bahu, sama seperti jenis hijab yang sering dipakai oleh orang Indonesia jaman sekarang. Shayla adalah jenis hijab yang sangat populer di kalangan wanita teluk arab seperti di daerah Arab Emirat, Qatar, dan juga Bahrain. Meskipun begitu, jenis hijab yang satu ini juga sudah mulai populer di daerah Al-maghrebi atau Afrika Utara seperti Mesir, Maroko, dan Tunisia.

  • Khimar, kerudung panjang menutup dada yang kalau di Indonesia biasa disebut sebagai “Hijab Syar’i”

Kemudian, ada juga khimar yang kalau di negara kita biasanya disebut sebagai Hijab Syar’i. Kerudung yang satu ini biasanya panjang dan tidak hanya menutup kepala dan leher tapi juga hingga bagian dada dan atas pinggang. Khimar juga biasanya jatuh menutup tangan hingga ke pergelangan tangan sehingga dianggap pantas untuk dipakai pergi haji.

  • Chador atau Cadar, kain penutup seluruh tubuh yang sering dipakai oleh mereka wanita muslimah di Iran

Model kerudung yang satu ini identik dengan wanita-wanita Iran dimana chador sering berfungsi sebagai semacam coat atau mantel. Chador sendiri bukanlah bersifat agamis, tapi lebih kepada tradisionil, dimana chador sudah sering dipakai oleh wanita-wanita Iran dan Afghanistan semenjak dulu. Chador juga biasanya tidak berwarna terang. Warna hitam menjadi warna chador yang paling sering dipakai meskipun di Iran hawanya panas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *