Mengenal 4 Model Cadar yang Populer di Indonesia

Bagi para muslimah yang memutuskan untuk memakai cadar atau niqab maka baiknya memilih dengan benar karena jenis atau modelnya beragam. Kemudian bahan yang digunakan dalam pembuat hijab tersebut pun terbilang sangat beragam, jadi ada beberapa bahan yang dirasa nyaman ada pula yang malah sebaliknya. Memakai hijab seperti ini tentu bisa tetap merasa nyaman dan leluasa beraktivitas dengan catatan sudah memilih dengan benar. Biasanya dijual satu set dengan gamis dan khimar, namun ada pula yang dijual terpisah sehingga bisa dibeli untuk melengkapi koleksi gamis di lemari.

Mengenal 4 Model Cadar yang Populer di Indonesia

Mengenal Jenis-Jenis Niqab

Kini semakin banyak muslimah yang memutuskan hijrah memakai niqab sebagai solusi membantu para pria muslim menundukkan pandangannya. Jenis dari niqab ini beragam dan berikut beberapa diantaranya:

  • Niqab bertali,

Niqab tali menjadi jenis niqab yang paling sering digunakan para muslimah ketika memulai hijrah menutup wajahnya. Niqab ini dirancang memiliki tali di kedua sisi sehingga dipakai selayaknya memakai masker dengan cara disimpulkan. Modelnya simpel sehingga dijual dengan harga paling murah antara Rp 10-15ribuan tergantung pada jenis bahan yang digunakan dan paling mahal adalah bahan jetblack.

  • Niqab dengan resleting,

Berbeda dengan cadar tali yang bisa dilepas pasang dari hijab atau kerudung, maka niqab beresleting ini dibuat menyatu dengan kerudung syar’i. Modelnya sendiri memang dipasang resleting di salah satu sisi niqabnya sehingga untuk membukanya tinggal menarik resleting tersebut namun tetap tidak bisa dilepas. Biasanya niqab ini cocok dipakai saat melakukan perjalanan atau safar karena praktis ketika mengambil wudhu dan beristirahat sejenak di ruangan khusus muslimah atau akhwat.

  • Niqab bandana,

Niqab model bandana ini juga menjadi model terlaris di pasaran karena praktis saat digunakan cukup diikatkan di bagian belakang kepala. Disebut bandana karena bagian atas depannya sendiri ketika sudah dipakai akan membentuk bandana. Niqab model ini disukai karena usai dipakai tidak menekan hidung sehingga bisa bernafas dengan leluasa. Ditambah lagi model depan menyatu dengan bagian belakang sehingga saat tertiup angin resiko leher dan dagu terlihat non mahram sangat kecil. Harganya sendiri bervariasi namun masih terbilang terjangkau dibandingkan model mesir.

Baca juga Model Kerudung di Berbagai Negara Islam Dunia

  • Niqab model mesir,

Niqab mesir adalah niqab yang modelnya memiliki purdah dari bahan yang tipis seperti ceruti maupun sifon berwarna gelap. Purdah ini terdiri dari dua lapisan sehingga tidak akan transparan apalagi di dalam niqab masih memakai kerudung. Model ini terbilang banyak disukai karena membuat pemakai niqab nampak lebih anggun dan cantik. Cara pakainya pun mudah karena disediakan tali di bagian dalam dan diikatkan ke belakang kepala. Soal harga dari cadar mesir ini adalah sekitar Rp 100ribuan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *