Manfaat Cadar bagi Penggunanya

Adakah diantara kalian yang memiliki teman atau saudara yang mengenakan cadar islami? Tahukah kalian apa itu cadar dan manfaatnya?

Manfaat Cadar bagi Penggunanya

Cadar merupakan kain yang digunakan untuk menutupi wajah pemakainya. Kain ini tidak terbatas dipakai di negara Arab saja, melainkan lebih kepada individu muslimah yang lebih ingin terlindung dari pandangan kaum adam. Bagi wanita muslim, cadar islam memang merupakan salah satu cara wanita untuk menjaga auratnya agar lebih tertutup dan tidak menimbulkan fitnah.

Meskipun tidak berkewajiban memakai cadar, selain untuk menutup aurat dan juga mendapat pahala, berikut adalah manfaat-manfaat yang didapat seorang muslimah apabila mengenakan cadar.

  • Terhindar Dari Fitnah

Diakui atau tidak, wanita memang sumber fitnah. Bahkan cara berjalan wanita pun dapat digunakan sebagai fitnah, misalnya menggoda orang dengan goyangan pinggulnya saat berjalan. Maka dari itu, penggunaan baju muslimah disertai cadar dapat menghindarkan wanita muslim dari hal-hal seperti itu.

  • Membuat Wanita Lebih Mulia

Pada jaman dahulu, wanita bangsawan Eropa yang beragama non muslim pun juga mengenakan kain penutup kepala dan bahkan cadar untuk melindungi dirinya. Hal ini juga dikarenakan para wanita bangsawan ini suci dan statusnya sangat tinggi sehingga tidak sembarang orang yang dapat melihat wajah mereka. Begitu pula dengan wanita muslimah, hijab dan juga cadar digunakan karena Islam sangat menjunjung tinggi status seorang wanita dan begitu melindunginya dengan posisi yang sangat mulia.

  • Terlindung Dari Pandangan dan Gangguan Kaum Adam

Apabila wanita sudah menjaga dirinya dari fitnah, sudah menempatkan dirinya sendiri pada status yang lebih mulia, maka secara otomatis kaum Adam tidak akan berani menggoda atau bahkan sekedar mendekat. Muslimah akan terlindung dari semua gangguan kaum pria.

  • Terhindar Dari Zina

Jika tidak ada gangguan, maka wanita dan pria muslim akan terhindar dari zina. Allah SWT pun mengatakan bahwa dosa yang sangat sulit diampuni adalah dosa zina dan syirik. Oleh karena itu, cadar islam dapat mencegah seorang mukmin untuk berbuat hal yang tidak benar.

  • Agar Mahram Lebih Tenang Dalam Menjaga

Meskipun seorang wanita muslimah selalu bepergian dengan mahramnya, namun jika menggunakan cadar, maka hati mahram tentu akan lebih tenang dalam menjaganya. Sang mahram tidak akan takut wanita yang dijaganya diganggu atau bahkan digoda orang lain karena wanita muslimah sudah menjaga dirinya sendiri terlebih dahulu.

  • Terhindar Dari Kotoran

Dengan menggunakan cadar islami, sama halnya dengan penggunaan topi, masker, maupun alat-alat pelindung kepala lainnya. Wanita muslim akan terhindar dari debu, kotoran, maupun polusi yang sangat mengganggu kesehatan. Cadar juga dapat melindungi diri dari sinar UV matahari yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit.

Baca juga Mengenal 4 Model Cadar yang Populer di Indonesia

Itulah manfaat-manfaat penggunaan cadar islami pada muslimah. Menggunakan cadar lebih banyak manfaat daripada mudharatnya sehingga diharapkan dapat memberikan sesama muslimah pencerahan tentang keutamaan mengenakan cadar ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *