Kenali Berbagai Golongan yang Ciri Pakaiannya Identik dengan Celana Cingkrang

Celana cingkrang adalah jenis celana yang panjangnya tidak sampai menyentuh mata kaki. Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan bahwa orang yang memakai celana ini merupakan sekumpulan kriminal atau teroris. Terlebih jika pemakai celana cingkrang adalah orang yang memelihara jenggot, pakai sorban, atau memakai gamis dan jubah panjang. Sudah bisa dipastikan stereotip masyarakat langsung tergiring ke arah negatif.

Kenali Berbagai Golongan yang Ciri Pakaiannya Identik dengan Celana Cingkrang

Padahal sebenarnya celana cingkrang merupakan sunah Nabi Muhammad SAW untuk kaum Adam. Rasulullah menganjurkan untuk memakai sarung, celana, maupun gamis untuk lebih tinggi dari mata kaki, apalagi sampai menyapu lantai. Selain akan mengotori pakaian itu sendiri, rupanya Allah membenci orang-orang (dalam hal ini khususnya pria) yang mengenakan pakaiannya dengan sombong yaitu menjulurkannya hingga menyentuh tanah.

Terdapat beberapa golongan yang setidaknya sering memakai celana cingkrang sebagai baju kebanggan. Simak apa saja golongannya di list berikut ini.

  • Jamaah Tabligh

Jamaah tabligh adalah golongan yang sering melakukan aktivitas dengan berdakwah dari masjid ke masjid lain. Jamaah tabligh tersebar di Indonesia. Di Jakarta misalnya, pusat dari jamaah ini ada di Kebon Jeruk. Untuk daerah Jawa Timur, Temboro merupakan basis jamaah tabligh. Ciri dari jamaah tabligh adalah celana cingkrang dan jubah putih serta jenggot. Baiknya dari jamaah tabligh adalah jamaah ini biasanya tidak mempermasalahkan faham. Asalkan beragama Islam, jamaah ini akan mengajak ke masjid dan menunaikan shalat, lalu kemudian mengobrol keagamaan dengan nuansa santai tanpa tekanan.

  • Paham Salafy

Menurut paham ini, Islam harusnya merupakan sesuatu yang murni, seperti tidak ada acara-acara keagamaan yang telah sejak dulu berasimilasi dengan adat nusantara. Sebut saja acara selamatan, pujian setelah adzan, hingga menabuh bedug sebagai pertanda waktu shalat. Ciri khas penganut paham ini sebenarnya tidak terlalu mencolok. Cirinya sama dengan penampilan kaum muslim pada umumnya, yaitu berjenggot dan memakai celana cingkrang. Penganut paham salafy juga terbagi 2, yaitu kaum moderat dan kaum ekstrim.

  • Habib

Para habib merupakan sosok yang menyukai menebar kebaikan dengan berdakwah. Mereka sering memiliki garis keturunan dengan Baginda Nabi. Kebanyakan para habib di Indonesia ini beraliran NU.

  • Paham Khilafah Ortodoks

Paham inilah yang sering menyebabkan Islam disalahkan sebagai kambing hitam. Paham khilafah ortodoks berpendapat bahwa Islam sejatinya harus memiliki satu kepemimpinan tersendiri. Pemerintahnya dituntut untuk berlandaskan syariat Islam dan berencana membuat kekhalifahan menurut persepsi mereka. Ciri khasnya pun sama dengan dandanan islami seperti biasa, yaitu celana cingkrang, jenggot tebal, dan baju serba putih yang menandakan kesucian.

Baca juga Jenis-Jenis Celana Pria yang Wajib Kamu Ketahui

Nah… itu dia paham-paham dan golongan yang sering memakai celana cingkrang sebagai pakaian keseharian. Bukan berarti setiap orang yang memakai celana cingkrang merupakan bagian dari salah satu paham tersebut, namun tidak menutup kemungkinan golongan juga mempengaruhi penggunaan celana. Wallahu’alam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *